Usung Kebangkitan Industri Pariwisata Indonesia, FHTB 2022 Resmi Dibuka

Wakil Gubernur Bali, Prof. Dr. Ir. Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati, M.Si. membuka Food, Hotel & Tourism Bali (FHTB) 2022 di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC).

 

Balinetizen.com, Mangupura-

 

Kemeriahan sambut pembukaan Food, Hotel & Tourism Bali (FHTB) 2022 di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC) hari ini. Pengunjung memadati hall BNDCC di hari pertama pameran dagang internasional dalam bidang perhotelan dan F&B terbesar di Timur Indonesia ini. Hadir bersama Retail Indonesia, FHTB 2022 diikuti oleh lebih dari 300 perusahaan exhibitor dari 26 negara selama tiga hari yakni 22-24 September 2022.

Gelaran FHTB yang memasuki edisi ke-12 tahun ini telah secara resmi dibuka bersama dengan Wakil Gubernur Bali, Prof. Dr. Ir. Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati, M.Si. Selain itu hadir memberi sambutan saat acara Opening Ceremony FHTB 2022, Ketut Darmayasa, S.IPem, MM, CHT sebagai Chairman of Indonesian Food & Beverage Executive Association (IFBEC) Bali Chapter dan Stefan Mueller, Chairman of Bali Culinary Professionals (BCP). Sambutan dan dukungan berbagai pihak dalam pembukaan FHTB 2022 menunjukkan optimisme bagi kebangkitan industri pariwisata di Indonesia.

Event Director FHTB 2022 Juanita Soerakoesoemah dalam sambutan pembuka-nya mengatakan FHTB 2022 digelar dalam rangka memberikan dukungan bagi kebangkitan industri F&B, perhotelan dan pariwisata di Indonesia. Setelah pandemik global, industri pariwisata terdampak yang signifikan khususnya bagi wilayah Indonesia Timur sehingga dibutuhkan penjembatan untuk menggairahkan kembali industri ini.

“FHTB sebagai pameran dagang dua tahunan berskala internasional telah menjadi platform terbaik dalam menghubungkan perusahaan peserta pameran sebagai penyedia produk dengan pembeli dari resor, jaringan hotel, restoran, dan importir terbaik di wilayahnya sehingga dapat mendukung akselerasi dari pemulihan industri pariwisata nasional pasca pandemi global,” ujar Juanita.

Ia menambahkan, mengacu pada data BPS tentang total kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia bulan Mei 2022 yang mencapai 212.330 yakni meningkat 91,19% dibandingkan bulan sebelumnya. Selain itu disebutkan bahwa Tingkat Penghunian Kamar (TPK) dari hotel klasifikasi berbintang sebesar 49,85% yang mengalami peningkatan 15,62 poin di bulan Mei 2022 dibandingkan dengan bulan sebelumnya. maka FHTB menjadi momentum tepat para pelaku usaha untuk meningkatkan dan memperluas pasarnya.

Baca Juga :
Benarkah Megawati Gagal Lakukan Restorasi Politik?

Berbagai produk dan layanan jasa dari perusahaan exhibitor dipamerkan selama FHTB 2022 dengan berbagai kategori mulai dari ragam makanan dan minuman (F&B), peralatan dan layanan makanan, perhotelan, produk kopi, wine & spirit, retail, hingga layanan pengemasan. Ragam produk dan layanan jasa unggulan yang dipamerkan dapat memenuhi kebutuhan dari pemilik usaha hotel, klub, restoran, distributor, retail maupun grosir, hingga operator tur agar dapat memperluas peningkatan bisnis mereka secara global.

Diantara perusahaan yang bergabung sebagai exhibitor dalam FHTB 2022 antara lain Hatten Bali, Nano Logistic, McLewis, Health Today, ATEJA, Amardeep, Terry Palmer, Sensatia Botanical, Prambanan Kencana, Rotaryana Prima, Duta Abadi Primantara, Kurnia Mitra Duta Sentosa, Nespresso, Lotus Food Services, Pantja Artha Niaga, Multifortuna Sinardelta, Jaddi Internasional, Libra Food Service, Comextra, Unakaffe System, Tokusen Wagyu, Jaddi Internasional, Rasa Group dan masih banyak lagi. Hal ini diharapkan dapat menjadi daya tarik bagi para pembeli khususnya bagi para pelaku usaha dari resort, jaringan hotel, restoran, dan importir terbaik di wilayahnya.

Tidak hanya pameran produk, FHTB 2022 juga menghadirkan berbagai kompetisi dan acara menarik selama tiga hari penyelenggaraan melalui dukungan berbagai asosiasi terkait. Diantaranya yakni: 11th Salon Culinaire Bali oleh Bali Culinary Professionals (BCP); Barnation oleh Asosiasi Bartender Indonesia (ABI); Wine Masterclass oleh Indonesia Sommelier Association (ISA) Bali Chapter; Gelato Workshops oleh Lotus Food Services dan Carpigiani; serta Industry Seminar & FHTB TV Programme melalui kanal Youtube Food & Hospitality Series_ID.

Juggling Show
Ketua Indonesian Food & Beverage Executive Association (IFBEC) Bali Chapter, Ketut Darmayasa, S.IPem, MM, CHT mengatakan dalam FHTB 2022 akan menyelenggarakan Barnation yakni kompetisi bagi bartender atau peracik minuman. Flair bartender merupakan salah satu aksi akrobatik yang dilakukan bartender dalam menghibur tamu. Dalam aksinya bartender akan memainkan peralatan bar seperti shaker, botol, ice scoop, dan lainnya dengan berbagai teknik dan gerakan yang sangat menghibur.

Baca Juga :
Forkopimda Kabupaten Belitung Kunjungi Puspem Badung

“Harapannya dari kompetisi ini bisa mencetak entertainer muda berbakat baik dari kalangan umum maupun pekerja industri pariwisata sehingga bisa menjadi perwakilan Indonesia untuk kompetisi internasional,” ujar Ketut.

Disela-sela kompetisi, juga akan dilaksanakan Bar Coaching Clinic untuk menjadi tambahan pengetahuan bagi pengunjung. Ia berharap dari pelaksanaan FHTB 2022 ini akan terjalin banyak kerjasama yang saling membedayakan dan memperkuat hubungan bisnis di industri perhotelan dan F&B ini. Baginya, ini merupakan acara besar yang harus diambil kesempatannya oleh para pelaku industri lokal.

“Bali adalah barometer pariwisata Indonesia. Dengan keiikutsertaan IFBEC dalam FHTB 2022 diharapkan bisa menarik banyak pebisnis dan turis lokal maupun internasional, supaya mereka makin yakin membeli produk-produk lokal Bali. Dari segi profesi, mereka juga bisa melihat trend-trend baru yang sedang naik daun saat ini,” pungkasnya.

 

Pewarta : Hidayat

Leave a Comment

Your email address will not be published.