5 Alasan Memilih Sekolah Islam Dibanding Sekolah Biasa

 

Balinetizen.com, Jakarta

Sebagian besar orang tua tidak hanya ingin memiliki anak yang berprestasi, tetapi juga memiliki akhlak yang baik. Untuk mendapatkan keduanya banyak orang tua yang memilih menyekolahkan anaknya di sekolah dibandingkan sekolah biasa. Kondisi ini membuat alasan memilih Sekolah Islam pun menjadi lebih tinggi.

Menyekolahkan anak Anda di Sekolah Islam maka anak akan mendapatkan porsi pendidikan yang berimbang. Siswa akan mendapatkan pendidikan “duniawi” seperti ilmu eksakta dan ilmu sosial dengan pendidikan “akhirat” yaitu agama serta akhlak Islami dengan porsi yang pas. Inilah beberapa alasan memilih Sekolah Islam dibanding sekolah biasa:

  1. Pendidikan Agama dan Etika yang Memadai

Di zaman yang semakin modern dan keberadaan teknologi yang semakin canggih, membuat anak menjadi mudah terpengaruh oleh hal-hal negatif. Hal-hal negatif tersebut seperti pergaulan bebas, narkoba dan sebagainya. Tentu hal tersebut menjadi momok yang menakutkan bagi orangtua, meski orangtua sudah memberikan pendidikan yang baik di rumah.

Supaya pergaulan anaknya terkontrol dan selalu dalam pengawasan, banyak orang tua yang kemudian menyekolahkan anaknya di Sekolah Islam seperti boarding school. Anak yang melanjutkan pendidikan di Sekolah Islam akan mendapatkan pendidikan dan etika yang memadai. Selain itu, siswa tidak diperkenankan untuk membawa ponsel selama kegiatan sekolah berlangsung atau saat tinggal di asrama sekalipun.

  1. Bukan Sekedar Status Sosial

Sekolah di Sekolah Islam seperti boarding school dikenal memiliki biaya yang cukup mahal. Biaya mahal yang dikeluarkan tentu tidak akan menjadi masalah bagi orangtua yang ingin anaknya menjadi anak yang berprestasi dan berakhlak baik. Meski begitu, jangan pernah memiliki motivasi menyekolahkan anak di Sekolah Islam hanya untuk status sosial saja.

Baca Juga :
BKSDA Bali Lepasliarkan 500 Ekor Tukik Penyu di Pantai Sanur

Namun, dari riset yang dilakukan menunjukkan bahwa sebagian besar orangtua menyekolahkan anaknya di Sekolah Islam bukan untuk status sosial melainkan ingin memiliki anak yang berakhlak dan bermoral sesuai dengan Al-Qur’an dan Sunnah Rasulullah.

  1. Sarana dan Prasarana yang Lengkap

Alasan memilih Sekolah Islam dibanding sekolah biasa lainnya adalah Sekolah Islam menyediakan sarana dan prasarana yang lengkap. Alasan satu ini tentu menjadi salah satu kriteria suatu sekolah dikatakan sebagai sekolah terbaik. Dimana sarana dan prasarana yang ada bisa dimanfaatkan untuk menunjang pendidikan agar bisa berjalan dengan maksimal.

Selain itu, keberadaan sarana dan prasarana tersebut juga sebagai bentuk dukungan sekolah untuk mendorong siswanya mengembangkan hobi, bakat dan minat yang dimiliki. Beberapa contoh sarana dan prasarana yang ada di sekolah adalah ruang kelas yang nyaman dan bersih, laboratorium yang lengkap, perpustakaan, toilet yang bersih, kantin, sarana olahraga dan sebagainya.

  1. Kegiatan Pembelajaran Lebih Padat

Pada umumnya Sekolah Islam menerapkan sistem full day dengan banyak kegiatan pembelajaran. Artinya sebagian besar waktu yang dimiliki anak Anda digunakan untuk belajar di sekolah.

Kegiatan pembelajaran yang sangat padat membuat anak menjadi tidak memiliki waktu untuk melakukan hal-hal yang tidak bermanfaat. Dimana mereka hanya fokus untuk belajar saja. Selain itu, banyaknya waktu yang dihabiskan di sekolah membuat hubungan guru dan siswa menjadi lebih dekat.

  1. Kegiatan Pembelajaran yang Menarik

Sekolah Islam dikenal memiliki guru atau tenaga pendidik yang berkualitas. Guru tidak pernah lelah untuk selalu melakukan inovasi agar bisa memberikan pembelajaran yang menarik dan juga tidak membosankan.

Para guru akan selalu memperbarui cara dan metode mengajarnya. Hal ini bertujuan agar proses belajar mengajar menjadi lebih menyenangkan. Kegiatan pembelajaran yang menyenangkan akan membuat siswa lebih mudah memahami materi pelajaran yang diberikan.

Baca Juga :
Pemkot Terima Bantuan Penanganan Covid-19 Dari BI, BCA, BPD Bali dan BMPD

Nah itulah informasi tentang 5 alasan memilih Sekolah Islam dibanding sekolah biasa. Informasi diatas diharapkan bisa dijadikan pertimbangan bagi Anda yang belum sepenuhnya yakin menyekolahkan anaknya di Sekolah Islam.

SMA Dwiwarna (boarding school) menjadi salah satu SMA Islam terbaik di Indonesia. Sekolah ini dikatakan terbaik karena sudah masuk kriteria sebagai sekolah terbaik. Seperti memiliki tenaga pendidik berkualitas, menyediakan fasilitas yang lengkap dan kriteria lainnya. SMA ini juga sudah terakreditasi A (98).

Referensi:

https://www.prestasiglobal.id/alasan-orangtua-menyekolahkan-anak-d-sekolah-islam/

https://www.renesia.com/10-alasan-memilih-sekolah-islam-terpadu/

 

Leave a Comment

Your email address will not be published.