Jembrana Kembali Raih  Anugrah Meritokrasi  KASN Tahun 2022

Balinetizen.com, Jembrana

Implementasi sistem merit di lingkup pemerintahan yang menjadi komitmen pasangan Bupati Jembrana I Nengah Tamba dan Wakil Bupati Jembrana I Gede Ngurah Patriana Krisna (IPAT), membawa Pemerintah Kabupaten Jembrana kembali mendapat penghargaan tingkat nasional.

Mewakili Bupati Jembrana, Wabup I Gede Ngurah Patriana Krisna menerima Penghargaan Penerapan Sistem Merit dalam Manajemen ASN di Instansi Pemerintah dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) di Jakarta Pusat, Kamis (8/12).

Penghargaan diserahkan langsung Agus Pramusinto Ketua KASN dengan capaian Jembrana berhasil mempertahankan katagori “Baik” anugrah meritokrasi berdasarkan pembinaan dan penilaian dari KASN untuk tahun 2022.

Penganugerahan penghargaan ini dilaksanakan pada kegiatan Anugerah Meritokrasi. Ada dua kategori dalam Penyerahan Hasil Penilaian Penerapan Sistem Merit dalam Manajemen ASN Kepada Instansi Pemerintah dengan  Kategori “Sangat Baik” dan “Baik”.

Wabup Ipat didampingi Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Jembrana Si Luh Ketut Semarandani, mengatakan tingkat pemerintah kabupaten/kota di Bali, hanya dua kabupaten/kota yang mendapatkan kategori “Sangat Baik” dan enam Kabupaten dengan Katagori “Baik”.

“Untuk wilayah Bali kabupaten Badung dan Buleleng yang meraih katagori sangat baik. Sedangkan enam kabupaten yang meraih katagori Baik diantaranya Klungkung, Bangli, Karangasem, Gianyar, Tabanan dan Kabupaten Jembrana”, kata Ipat.

Wabup IPAT, menyampaikan ungkapan rasa syukur dapat meraih penghargaan kembali dari KASN.  Dengan prestasi ini Ia berharap memacu semangat untuk meraih hasil lebih baik dipenyelenggaraan tahun berikutnya menjadi   “Sangat Baik”.

“Ini yang kedua kalinya kita raih anugerah merit dengan katagori baik, kita sudah menerima penghargaan yang pertama kali untuk penilaian tahun 2021, tentu saya harap tahun depan ada peningkatan kategori menjadi ‘Sangat Baik’,” ucapnya.

Baca Juga :
Kemenhub Luncurkan Intraweb Sebagai Media Komunikasi Internal

Pihaknya juga menyampaikan terima kasih ke KASN atas penghargaan yang diberikan kepada Pemerintah Kabupaten Jembrana.

“Kami tetap mengharapkan pembinaan, bimbingan, dan arahan dari KASN agar hasil yang diperoleh saat ini akan lebih menunjukkan progres yang lebih baik di masa yang akan datang, khususnya dalam penerapan sistem merit di lingkup Pemerintah Kabupaten Jembrana,” ungkapnya.

Ia menuturkan bahwa keberhasilan ini tentu semua berkat kerja keras, kerja cerdas, kerja ikhlas dari semua pihak, terutama dari BKPSDM dan tim yang tergabung didalamnya serta dukungan dari seluruh jajaran aparatur sipil negara (ASN) di Jembrana.

“Terima kasih kepada jajaran BKPSDM Kabupaten Jembrana dan seluruh kepala perangkat daerah serta seluruh pihak yang telah memberikan dukungan optimal terhadap penerapan sistem merit di Jembrana sehingga kita bisa mendapatkan penghargaan ini untuk kedua kalinya,” ujar Wabup Ipat.

Pihaknya juga menjelaskan bahwa sistem merit memang dibutuhkan dalam manajemen SDM atau ASN. Sistem merit ini akan menuntun untuk lebih profesional dan selektif dalam menempatkan ASN yang berkompeten di suatu bidang tugas sesuai dengan kualifikasi yang dibutuhkan.

“Dalam merit sistem tidak lagi dikenal jual beli jabatan. Oleh karena itulah, kita akan terus konsisten dan komitmen untuk terus menerapkannya dalam manajemen ASN di Jembrana, Kita juga berharap dengan sistem merit ini, ASN akan bisa menjadi agen perubahan, baik di lingkungan kantor dan keluarga, serta bagi masyarakat” tutupnya.

Diketahui, 174 instansi pemerintah yang memperoleh kategori pelaksanaan sistem merit “Sangat Baik” dan “Baik”. Adapun rinciannya, terdiri atas 30 instansi pemerintah yang meraih kategori “Sangat Baik” dan 144 peraih predikat “Baik”.

Sumber : Humas Jembrana

Editor : Radha

Leave a Comment

Your email address will not be published.