148 PKD Se-Kabupaten Buleleng Resmi Dilantik, Kawal Pemilu 2024 Di Seluruh Desa dan Kelurahan

 

Balinetizen.com, Buleleng

Dalam rangka Persiapan Pengawasan Tahapan Pemilu Serentak Tahun 2024 hingga tingkat desa dan kelurahan. Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Buleleng resmi melantik 148 Panwaslu Kelurahan/Desa (PKD) Se-Kabupaten Buleleng di Banyualit Spa N Resort, Kaibukbuk, Lovina. Senin, (6/2).

Dalam kesempatan tersebut hadir Ketua Bawaslu Provinsi Bali Ketut Ariyani sekaligus membuka kegiatan tersebut. Melalui arahannya, Srikandi Bawaslu asal Buleleng ini mengungkapan bahwa setelah PKD resmi dilantik, mereka akan langsung terjun kelapangan melakukan pengawasan di wilayahnya.

“Mulai detik setelah dilantik, tugas PKD sudah harus jalan, mulai melakukan pengawasan tahapan pemilu di wilayah kerjanya” ujar Ariyani.

Ariyani berpesan agar seluruh PKD memahami aturan yang ada tetap menjaga integritas, menjaga kode etik pengawas, serta dalam waktu dekat melakukan koordinasi dengan pemerintah desa dan tokoh-tokoh masyarakat di desa.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Buleleng Putu Sugi Ardana dalam paparannya menekankan bahwa PKD setelah dilantik akan diberikan pembekalan yang nantinya dapat dipahami untuk melakukan pengawasan ditingkat desa/kelurahan. 148 PKD yang dilantik telah mengikuti proses dan lulus seleksi dari 415 orang yang melamar.

“Bapak ibu adalah orang-orang yang terpilih, untuk turut serta bersama-sama menjaga pemilu diwilayah Desa dan Kelurahan, maka harus sudah siap mengemban tugas” ujarnya dihadapan seluruh peserta pelantikan

Prosesi pelantikan PKD yang terdiri dari 118 laki-laki dan 30 Perempuan tesrsebut diwakili oleh Ketua Panwaslu Kecamatan Sawan I Gede Juliarta. Setelah dilantik PKD diberikan pembekalan dengan menghadirkan narasumber dari Akademisi Undiksha I Putu Gede Parma, Akademisi Panji Sakti I Nyoman Gede Remaja dan I Nyoman Surata, Akademisi STAHN Mpu Kuturan I Putu Mardika, Penggiat Pemilu I Ketut Wiratmaja serta Anggota KPU Buleleng Gede Sutrawan.

Baca Juga :
Bale Akhirnya Dimainkan Zidane

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Ketua, Anggota dan Koordinator Sekretariat Bawaslu Kabupaten Buleleng, Ketua KPU Buleleng Nyoman Dudhi Udiyana, Kepala Badan Kesbangpol Buleleng Komang Kappa Tri Aryandono, Camat Sekabupaten Buleleng, Ketua Forum Komunikasi Desa Kelurahan Kecamatan se-Kabupaten Buleleng dan Panwaslu Kecamatan se-Kabupaten Buleleng. GS

Leave a Comment

Your email address will not be published.