Hadiri Pelantikan Pengawas Pemilu Kelurahan/Desa, Bupati Sanjaya Inginkan Terwujudnya Pemilu Berkualitas

 

 

Balinetizen.com, Tabanan

 

 Pemilu memiliki arti yang sangat penting dan strategis dalam proses penyelenggaraan dan pengelolaan sebuah Bangsa dan Negara karena akan memilih pemimpin-pemimpin Nasional maupun Daerah. Untuk itu, Bupati Tabanan Dr. I Komang Gede Sanjaya, SE, MM, menekankan bahwa kualitas penyelenggaraan Pemilu menjadi kata kunci karena merupakan tonggak awal penyelenggaraan pembangunan 5 tahun kedepan.

“Ada dua lembaga yang sangat signifikan dalam rangka penyelenggaraan Pemilu serentak Tahun 2024 di Tabanan. Astungkara, semua tahapan-tahapan kita di Kabupaten Tabanan sudah berjalan dengan baik dan kita yakin bahwa dari KPU dan Bawaslu sudah sangat memiliki pengalaman, jadi tidak perlu diragukan lagi,” ujar Bupati Sanjaya saat menghadiri Pelantikan Panitia Pengawas Pemilu Kelurahan/Desa di Gedung Kesenian I Ketut Maria, Senin, (6/2).

Setidaknya, sebanyak 133 orang Pengawas Pemilu Kelurahan/Desa yang dilantik dan diberikan mandat di pundaknya untuk menjadi pelaksana teknis pengawasan pada seluruh pelaksanaan Pemilu serentak 2024. Turut hadir saat itu, Perwakilan Ketua Bawaslu Bali, jajaran Forkopimda Tabanan, Ketua KPU dan Bawaslu Tabanan, Sekda, OPD terkait, Camat se-Kabupaten Tabanan, Forkopimcam Tabanan serta Forum Perbekel se-Kabupaten Tabanan.

Disamping untuk mewujudkan Pemilu yang berkualitas, Bupati Sanjaya juga menginginkan agar petugas yang baru dilantik agar betul-betul melaksanakan tugas dengan baik serta jadikan pelajaran pelaksanaan Pemilu sebelumnya dan memastikan kekurangan-kekurangan yang pernah ada untuk tidak terulang kembali. Untuk itu, Bupati Sanjaya minta kepada para petugas yang baru dilantik mengingat bahwa hari ini adalah awal bukan akhir dari sebuah pencapaian.

“Pesan saya sudah jelas, bekerjalah dengan penuh dedikasi. Sering-seringlah berkomunikasi dan solidkan organisasi agar berbagai penyimpangan pemilu dapat dihilangkan. Saya yakin dan saya perhatikan para Pengawas Pemilu di tingkat Desa ini masih muda-muda. Artinya energinya nanti pasti luar biasa. Anak muda energinya pasti lebih baik, dan jangan takut dan itu harus dicapai serta saya yakin para pengawas ini bisa mewujudkan Pemilu yang berkualitas dan Profesional,” imbuh Sanjaya.

Baca Juga :
Menteri PUPR siap laksanakan konstruksi infrastruktur ibu kota baru

Politisi asal Dauh Pala Tabanan itu juga berharap pelantikan Pengawas Pemilu tingkat Desa ini juga dijadikan momentum untuk meningkatkan kualitas demokrasi di Tabanan. Dengan harapan Pemilu kedepan akan semakin baik, didukung oleh partsisipasi pemilu yang tinggi. Dan berkat kesigapan KPU dan Bawaslu Tabanan, Bupati Sanjaya juga menyampaikan apresiasinya karena dari tahun ke tahun, bahwa pemilu di Tabanan partisispasi dalam rangka menyambut Pemilu sangat tinggi.

Sementara, I Ketut Narta selaku Ketua Bawaslu Tabanan menyampaikan terimakasih atas apresiasi dan dukungan dari Bupati beserta jajaran dan seluruh pihak terkait. Ia menyampaikan tatanan pelaksanaan Pemilu tahun 2024 berada di pundak Pengawas Pemilu Desa yang baru dilantik dan merupakan perpanjangan tangan dari Bawaslu. Sehingga, dalam penyelenggaraan tugas dan wewenang, memiliki peranan yang strategis dalam fungsinya sebagai pelaksana teknis dalam melaksanakan pengawasan pada seluruh pelaksanaan Pemilu serentak 2024 mendatang.

Untuk itu, pihaknya meminta agar seluruh anggota Pengawas Pemilu Desa mampu menyikapi dengan baik dan tegas segala kewajiban yang dibebankan kepadanya dan dalam melaksanakan tugas juga ditegaskan harus bekerja secara profesional, mempunyai kredibilitas, jujur, adil dan menjunjung tinggi netralitas. Hal ini mengingat Pengawas Pemilu Desa mempunyai peranan yang sangat penting dalam tegaknya demokrasi.

Sumber : Humas Tabanan

Leave a Comment

Your email address will not be published.