Gorong-Gorong Sempit Picu Tiga Rumah Warga Terendam Air

 

Balinetizen.com, Jembrana

Hujan deras mengguyur Kabupaten Jembrana kerap membuat sebagian wilayah kebanjiran. Di Desa Sumbersari, Kecamatan Melaya hujan deras mengakibatkan tiga rumah warga terendam air. Bahkan air meluap ke badan jalan.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jembrana I Putu Agus Artana Putra mengatakan kejadian banjir tersebut dipicu gorong-gorong sempit sehingga tertutup tumpukan sampah ranting kayu.

Ketinggian got sekitar 50 sentimeter dan pedangkalan menurutnya juga sebagai pemicu air got meluap memenuhi badan jalan utama Denpasar-Gilimanuk.

“Kalau hujan deras kawasan itu memang menjadi langganan banjir di Desa Sumbersari” ujar Agus Artana, Kamis (23/2/2023).

Lokasi luapan banjir disebutnya sudah mendapat assesment dengan menurunkan tim dipimpin Kasi Rehabilitasi & Rekonstruksi BPBD Jembrana.

Pihaknya juga telah melakukan pengecekan langsung ke lapangan termasuk ke lokasi tiga rumah yang terendam air. “Jadi kejadiannya akibat pedangkalan dan sempitnya gorong-gorong sehingga tersumbat sampah” terangnya.

Dalam waktu dekat pihaknya juga akan melakukan pengerukan karena terjadi pedangkalan pada sungai. Namun diperlukan alat berat.

“Gorong-gorong jalan sudah pernah dicek dari Balai Jalan, tinggal penanganannya saja” ujarnya. (Komang Tole)

Baca Juga :
Pemilih Homestay Dilatih Lebih Profesional

Leave a Comment

Your email address will not be published.