Presiden Jokowi tunjukkan lokasi istana kepresidenan di IKN

Presiden Joko Widodo meninjau lokasi istana kepresidenan di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) Ibu Kota Negara, kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Kamis (23/2/2023). ANTARA/Desca Lidya Natalia/aa

 

Balinetizen.com, Penajam Paser Utara

Presiden Joko Widodo menunjukkan lokasi calon istana kepresidenan yang ada di Ibu Kota Nusantara (IKN) kabupaten Penajam Paser Utara.

“Kawasan ini adalah kawasan istana, istana kepresidenan, yang saya optimis tahun depan bulan Agustus Insya Allah bisa upacara di sini,” kata Presiden Joko Widodo di Menara Pandang, Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) Ibu Kota Negara, kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur pada Kamis.

Presiden Jokowi mengaku optimis Upacara Hari Kemerdekaan 17 Agustus pada 2024 dapat diselenggarakan di IKN.

“Kalau melihat lanskapnya, tadi saya sudah bicara dengan perancangnya, pelaksana di lapangan, supervisi di lapangan, manajer di lapangan, optimis, Insya Allah selesai,” tambah Presiden

Desain Istana Presiden, dirancang oleh seniman sekaligus desainer I Nyoman Nuarta. Istana tersebut dikelilingi oleh pepohonan dan bangunan berbentuk seperti burung Garuda yang membentangkan sayapnya.

“Desainnya tetap sama tapi juga nanti di lapangan sedikit-sedikit penyesuaian,” ungkap Presiden.

Namun Presiden tidak menyampaikan secara rinci berapa persen kemajuan pembangunan istana kepresidenan di IKN tersebut

“Yang jelas ini dari pembuatan, pembangunan semuanya dari kita sendiri, oleh putra putri bangsa terbaik Indonesia,” tambah Presiden.

Istana kepresidenan itu pun akan ditempati begitu selesai dibangun.

“Ya ditempati, selesai kok nggak ditempati? Selesai ya ditempati. Setiap kementerian juga, meskipun tidak semua staf itu dibawa supaya ada keramaian di sini,” ungkap Presiden.

Dengan makin banyak masyarakat yang tinggal di IKN, menurut Presiden, maka makin banyak juga fasilitas yang dibangun.

Baca Juga :
Lestarikan Aksara Bali, Kelurahan Peguyangan Gelar Pelatihan Nyurat Aksara Bali

“Kalau ada keramaian berarti perlu restoran, sekolah, dari TK, SD, SMP, SMA, universitas, perlu rumah sakit, klinik, perlu ‘entertainment’, mal, dan lainnya,” jelas Presiden.

Presiden Jokowi juga menyebut IKN akan menarik untuk investor karena menawarkan suasana yang berbeda.

“Suasananya berbeda, kita ini menawarkan suasana. Ini kawasan inti adalah kawasan pemerintahan, tapi di luar itu, ada diferensiasinya, yang berbeda, itu yang kita jual, ‘experience’, ‘ambience’,” tambah Presiden.

Pemerintah Indonesia sedang membangun IKN yang akan menjadi ibu kota baru Indonesia menggantikan Jakarta. IKN akan mengusung kota yang berkonsep modern, kota pintar, dan kota ramah lingkungan. Pembangunan ibu kota baru ini diperkirakan rampung secara keseluruhan pada 2045.

Pemerintah sedang menyiapkan 47 “tower” apartemen untuk tempat tinggal bagi sekitar 16.900 orang Aparatur Sipil Negara (ASN) dan prajurit Tentara Nasional Indonesia (TNI) di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Pembangunan apartemen-apartemen tersebut rencananya dibangun pada Juni – Juli 2023 dan ditargetkan selesai pada Januari 2024 dengan total nilai anggaran senilai Rp9,4 triliun.

Selain tempat tinggal, pemerintah juga sedang mengerjakan pembangunan jalan tol sepanjang 40 km dari Balikpapan ke Kawasan IKN yang ditargetkan selesai pada akhir 2024.

Dengan adanya jalan tol tersebut, kata Jokowi, waktu tempuh dari Balikpapan ke Kawasan Inti IKN dapat ditempuh dengan waktu 30 menit. Jalan tol tersebut juga menjadi infrastruktur konektivitas pertama yang dibangun oleh pemerintah di IKN.

Sumber : Antara

Leave a Comment

Your email address will not be published.