Swift Code yang Mempermudah Pengiriman Uang Keluar Negeri

Sumber foto: Freepik.com

Balinetizen.com, Denpasar-

Swift Code atau BIC (Bank Identifier Code), adalah kode unik yang digunakan untuk mentransfer uang secara internasional. Anda memerlukan kode untuk mengidentifikasi bank sebelum bisa melanjutkan proses pengiriman uang. Dengan demikian. Anda memastikan pengiriman dana yang akurat dan efisien.

Poin Penting Tentang Swift Code yang Perlu diketahui

Anda perlu hati-hati dalam mengirimkan uang, khususnya keluar negeri. Ada banyak cara yang bisa dipakai baik dengan mengunjungi bank atau memakai aplikasi yang terpasang pada ponsel. Salah satu hal penting yang perlu Anda pahami adalah mengenai kode swift dan bagaimana memakainya.

1. Fungsi

Sebenarnya perbankan di indonesia terkait dengan hampir semua bank di dunia. Mereka dapat berkomunikasi dengan terlebih dahulu memiliki kode yang tepat. Jadi Anda tidak salah kirim dan akhirnya kehilangan uang yang Anda kirimkan. Fungsi dari kode tersebut termasuk

  • Mengidentifikasi bank tertentu yangada dalam jaringan komunikasi keuangan global yang diberi nama SWIFT (Society for Worldwide Interbank Financial Telecommunication).
  • Kode ini memungkinkan adanya komunikasi antara bank satu dan bank lainnya
  • Anda bisa melakukan transaksi keuangan secara aman dengan kode yang tepat.
  • Anda dapat melakukan pembayaran lintas negara
  • Melakukan transaksi pasar keuangan.
  • Membedakan tiap bank dan negaranya

Kode ini memungkinkan pengirim dan penerima dana untuk mengirim dan menerima dana dengan tepat. Dimulai dengan data bank ertuju yang sesuai.

2. Struktur dari Kode

Seperti apakah kode ini? kombinasi angka dan huruf yang membentuk kode yang unik. Gabungan huruf dan angka berbeda untuk setiap bank. Panjangnya pun bervariasi sekitar 8 hingga 11 karakter. Struktur dari kode ini adalah sebagai berikut:

  • 4 huruf awal menunjukkan bank atau kode kota.
  • 2 huruf berikutnya adalah kode negara sesuai standar ISO 3166-1 alpha-2.
  • 2 huruf terakhir adalah opsional sebagai info mengenai lokasi cabang bank.
Baca Juga :
Ratusan Kaum Milenial Buleleng Antusias IKuti Lomba Berbasis Tradisi dan Budaya

 

3. Cara Penggunaan

Anda bisa datang ke bank dan kode tersebut akan langsung di input oleh pihak bank. Anda hanya perlu memberikan informasi mengenai rekening tertuju dan bank apa. Bank mengirim pesan instruksi melakukan transfer ke Bank di luar negeri melalui sistem jaringan SWIFT. Barulah dana masuk dan bisa langsung di debit.

Kalau memakai aplikasi juga sama mudahnya. Anda akan melihat kolom untuk mencari kode swift. Kemudian Anda bisa isi sesuai kolom yang tersedia. Lalu, langkah selanjutnya adalah tinggal memasukkan kode dan nomor rekening secara bersamaan.

Demikianlah informasi singkat mengenai swift code. Mencari kode ini terbilang mudah dan bisa dilakukan oleh siapa saja. Tentu Anda juga butuh nomor rekening selain kode swift. Oleh karena itu, perhatikan tiap tata cara transaksi keluar negeri karena ada tambahan kode yang perlu dilakukan. Kalau mengirim uang keluar negeri melalui bank, maka Anda perlu mendatanginya dan mendapat bantuan.

Atau Anda bisa melakukannya dengan aplikasi seperti Flip. Anda cukup membuka aplikasi dan pilih bagian kirim uang ke luar negeri. Kemudian masukan nomor rekening dan nominalnya. Aplikasi akan menunjukan jumlah yang perlu ditransfer beserta kode yang perlu disertakan. Cara kirim uang dengan Flip sangat mudah dan tidak perlu bimbingan orang untuk bisa menyelesaikannya.

Sejak 4 Oktober 2016, Flip memperoleh izin lisensi dari Bank Indonesia  dengan nomor 18/196/DKSP/68. Flip tidak termasuk pada perizinan OJK, namun sebagai perusahaan transfer dana  di bawah pengawasan Bank Indonesia.

Yuk, lakukan transfer uang dan berbagai transaksi internasional lainnya dengan aplikasi Flip. Selain kirim uang ke luar negeri, Anda bisa kirim uang antar beda bank tanpa biaya administrasi. Flip kini pun bisa mengisi pulsa ponsel dan berbagai fitur unggul lainnya.

Baca Juga :
Mungkinkah, Jalan Terakhir, Pengadilan oleh Rakyat

Leave a Comment

Your email address will not be published.