Bupati Sanjaya Apresiasi Kekompakan Krama Titigalar dalam Meyadnya

Bupati Tabanan Dr. I Komang Gede Sanjaya, SE, MM, saat menghadiri undangan Karya Ngenteg Linggih, Mupuk Pedagingan, Tawur Balik Sumpah, Wraspati Kalpa sekaligus Penandatanganan Prasasti di Pura Desa dan Pura Puseh, Desa Adat Titigalar, Desa Bangli, Baturiti, Kamis, (1/6).

 

Balinetizen.com, Tabanan-

Bupati Tabanan Dr. I Komang Gede Sanjaya, SE, MM, memuji kekompakan dan semangat gotong-royong yang ditunjukan krama dalam membangun Yadnya. Hal itu disampaikan orang nomer satu di Tabanan saat menghadiri undangan Karya Ngenteg Linggih, Mupuk Pedagingan, Tawur Balik Sumpah, Wraspati Kalpa sekaligus Penandatanganan Prasasti di Pura Desa dan Pura Puseh, Desa Adat Titigalar, Desa Bangli, Baturiti, Kamis, (1/6).

“Tata laksana upakara/upacara, baik dari perencanaan, baik dari mempersiapkan anggaran dengan nabung ataupun iuran dari krama, ini membuktikan semeton tiang disini tatkala membangun Karya, rasa persatuan dan semangat gotong-royongnya sangat luar biasa. Ini membuktikan cihna bhakti yang tulus dari krama kehadapan Ida Sesuhunan,” ujar Sanjaya dalam sambutannya usai melaksanakan persembahyangan bersama.

Selaku Kepala Daerah, Sanjaya juga menyampaikan bahwa pihaknya selalu memberikan dukungan kepada masyarakat. Dimana dalam kesempatan tersebut, hadir pula Ketua DPRD Bali N. Adi Wiryatama, anggota DPRD Tabanan Nyoman Suta, Sekda dan Kepala OPD terkait di lingkungan Pemkab Tabanan, Camat dan unsur Forkopimcam Baturiti, Perbekel, Bendesa Adat dan Manggala Karya, tokoh masyarakat setempat, para Yowana serta masyarakat setempat.

Disamping itu, Sanjaya juga menyampaikan terimakasihnya kepada krama karena bersama-sama mampu mewujudkan visi Nangun Sat Kerthi Loka Bali melalui Pola Pembangunan Semesta Berencana di Kabupaten Tabanan menuju Tabanan Era Baru yang Aman, Unggul dan Madani, dalam bidang pelestarian tradisi, seni, adat, agama dan budaya. Untuk itu, Sanjaya menekankan bahwa pemerintah akan selalu memberikan dukungan terhadap pembangunan positif yang dilaksanakan masyarakat.

Selain itu, Sanjaya juga menghimbau kepada seluruh masyarakat agar selalu mempertahankan persatuan dan semangat gotong-royong ini, karena menurutnya, masih banyak pembangunan yang harus diwujudkan bersama-sama kedepan. Maka dari itu, Sanjaya mengajak seluruh masyarakat agar selalu kompak bersatu antar krama, begitu juga selalu bersinergi dengan pemerintah guna mewujudkan pembangunan kedepan.

Baca Juga :
Awal Tahun Sektor Jasa Keuangan Terjaga di Tengah Perbaikan Perekonomian Nasional

“Saya sangat bangga dengan persatuan semeton Titigalar dan inilah azas manfaatnya. Perlu juga tiang sampaikan, bahwa tidak ada salahnya kita selalu kompak bersatu. Tidak ada yang lebih indah kalau kita sudah bersatu, karena hal itu merupakan salah satu kunci sukses mewujudkan pembangunan,” imbuh politisi asal Dauh Pala Tabanan itu, sekaligus menghaturkan doanya agar Karya ini berjalan dengan lancar dan sesuai dengan keinginan dan harapan dari semua krama.

Sebelumnya, Manggala Karya I Wayan Rumawan menyampaikan, bahwa pelaksanaan rangkaian Karya Ngenteg Linggih ini telah dipersiapkan dari jauh hari dengan mengedepankan semangat gotong-royong warga. Selain bantuan dari pemerintah, pihaknya mengatakan bahwa pembiayaan dari Karya juga dikumpulkan melalui iuran masyarakat dengan menabung dari jauh hari sebelumnya, donatur, juga penggalian dana.

Atas azas manfaat yang ditunjukan oleh pemerintah, pihaknya menyampaikan terimakasih atas kehadiran dan dukungan dari Bupati beserta jajaran, pihak Legislatif dan pihak terkait lainnya. Mewakili masyarakat, Ia menyatakan akan selalu berupaya mempertahankan persatuan antara krama guna mewujudkan pembangunan serta selalu berupaya mendukung program pemerintah melalui sinergi yang baik dengan pemerintah.

 

Sumber : Humas Pemkab Tabanan

Leave a Comment

Your email address will not be published.