Diikuti 54 Sawe, Maha Warga Bhujangga Waisnawa Kabupaten Jembrana Gelar Karya Pitra Yadnya Ngaben Kolektif

Balinetizen.com, Jembrana

Maha Warga Bhujangga Waisnawa Kabupaten Jembrana Gelar Karya Pitra Yadnya Ngaben Kolektif bertempat di Griya Petamon Lingkungan Kebon, Kelurahan Baler Bale Agung, Jumat (1/12).

Wakil Bupati Jembrana I Gede Ngurah Patriana Krisna (Ipat) yang juga merupakan semeton Bhujangga Waisnawa hadir langsung dalam Karya Ngaben kolektif dan menyerahkan bantuan berupa Vocer senilai Rp. 20 Jt kepada Prawartaka Karya sebagai bentuk dukungan Pemerintah Kabupaten Jembrana pada Karya Pitra Yadnya Ngaben Kolektif Maha Warga Bhujangga Waisnawa Kabupaten Jembrana.

Dalam Sembrama Wacananya, Wabup Ipat mengatakan Karya ngaben masal yang dilaksankan itu merupakan pengabdian kepada leluhur dengan mensucikan roh-roh leluhur.

“Tentu hal Ini menjadi wujud penghormatan dan pengabdian kepada leluhur serta sebagai bentuk kebersamaan dan gotong-royong yang dijunjung tinggi oleh masyarakat khusunya keluarga Bhujangga Waisnawa,” ujarnya.

Lanjut, ia meyakini karya ngaben ini merupakan salah satu bagian dari kewajiban/hutang umat manusia yang lahir di bumi. “Karna kita yakin dan percaya bahwa kita lahir didunia ini membawa 3 kewajiban atau hutang, yakni dewa rna yaitu hutang hidup kepada Ida Sang Hyang Widhi Wasa, pitra rna yaitu hutang jasa kepada leluhur dan rsi rna yaitu hutang suci kepada rsi. Dan kita wajib membayarnya dengan 5 yadnya nyadnya salah satunya dengan Pitra Yadnya yang hari ini kita lakukan,” ungkap Wabup Ipat.

Wabup Ipat berharap dengan semangat gotong royong semeton Warga Bhujangga Waisnawa dalam melaksanakan Karya Ngaben Kolektif senantiasa dapat berjalan lancar Sida Sidaning Don.

“Titiang sebagai perwakilan Pemerintah Kabupaten Jembrana senantiasa mendoakan yadnya sane becik puniki bisa berjalan sesuai yang diharapkan dan dengan adanya suport dari pemerintah diharapkan dapat meringankan beban dari guru/biang titiang sareng sami,” harapnya.

Baca Juga :
Pastikan Pelayanan Prima Bagi Masyarakat, Sekda Rai Iswara Ingatkan Motto Sewaka Dharma

Sementara itu Prawartaka Karya I Komang Adiyasa dalam laporannya mengatakan rangkaian Karya Pitra Yadnya Ngaben Kolektif Maha Warga Bhujangga Waisnawa Kabupaten Jembran digelar sejak tanggal 25 november sampai 3 Desember dengan sawe sebanyak 54.

“Ada 54 sawe yang ikut disini diantaranya memukur ada 32, ngebah ayu 14, ngelungah 8, ini semua keluarga daripada Bhujangga Waisnawa, kegiatan ini memang rutin kita lakukan setiap 2 tahun sekali, karena petunjuk dari leluhur kita setiap 2 tahun sekali harus kita laksanakan ngaben kolektif,” pungkas Adiyasa.

Sumber : (Humas Jembrana)

Leave a Comment

Your email address will not be published.