Suksesnya Program Immigration On Shipping: Pemeriksaan Keimigrasian di Atas Kapal Tingkatkan Pengalaman Wisatawan

 

Balinetizen.com, Denpasar

 

Menjelang perayaan natal dan tahun baru 2024, Kantor Imigrasi Kelas I TPI Denpasar merayakan lonjakan kunjungan wisatawan asing dengan kedatangan 7 kapal pesiar selama bulan November 2023.

Dalam periode tersebut, sebanyak 8.445 penumpang Warga Negara Asing dan 46 penumpang Warga Negara Indonesia tiba di Pelabuhan Benoa Denpasar, menghiasi destinasi pariwisata Bali dengan total 4.743 awak kapal.

Menurut Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Denpasar, Tedy Riyandi, mayoritas kapal pesiar berasal dari Singapura dan Australia.

“Ini merupakan hal sangat positif bagi iklim pariwisata di Indonesia khususnya di Provinsi Bali,” ujarnya dengan antusias, Sabtu 3 Desember 2023.

Kantor Imigrasi Kelas I TPI Denpasar katanya, memiliki peran penting dalam melaksanakan proses pemeriksaan keimigrasian atau Immigration Clearance terhadap seluruh penumpang dan awak kapal pesiar yang tiba di Pelabuhan Benoa Denpasar.

Data yang dikumpulkan menunjukkan bahwa penumpang dari kapal pesiar didominasi oleh wisatawan asing, utamanya berasal dari Australia, Amerika Serikat, Inggris, dan Eropa.

Dalam upaya memberikan pengalaman terbaik kepada wisatawan, Kantor Imigrasi Kelas I TPI Denpasar memberlakukan berbagai fasilitas, termasuk program Immigration On Shipping.

Program ini memungkinkan proses pemeriksaan keimigrasian dilakukan langsung di atas kapal selama berlayar menuju Indonesia. Langkah ini tidak hanya mempersingkat waktu tetapi juga memangkas antrean di area kedatangan pelabuhan, memberikan kenyamanan kepada para wisatawan mancanegara.

“Kami, Kantor Imigrasi Kelas I TPI Denpasar berkomitmen penuh dalam memberikan pelayanan terbaik di Pelabuhan Benoa Denpasar untuk menyambut turis asing yang datang dengan kapal pesiar ini. Tentunya, hal ini dapat terwujud berkat dukungan dan kolaborasi yang baik dengan stakeholder di Pelabuhan Benoa,” pungkas Tedy Riyandi.

Dengan lonjakan kunjungan ini, Pelabuhan Benoa Denpasar semakin mengukuhkan diri sebagai salah satu destinasi unggulan di Indonesia, menawarkan pengalaman wisata yang tak terlupakan bagi para pelancong dari berbagai belahan dunia.(Tri Prasetiyo)

Baca Juga :
Adira Finance Gelar Festival Pesona Bali 2019 Di Lapangan Renon

Leave a Comment

Your email address will not be published.