Pertumbuhan Kilat: Indosat Ooredoo Hutchison Catat Kinerja Gemilang di Tahun 2023

Vikram Sinha, President Director and Chief Executive Officer Indosat Ooredoo Hutchison (tengah, jas hitam)

Balinetizen.com, Jakarta

Indosat Ooredoo Hutchison (IDX: ISAT) mencatat kinerja luar biasa pada tahun 2023, menunjukkan pertumbuhan yang pesat dalam berbagai aspek bisnisnya. Dengan fokus pada penguatan infrastruktur dan inovasi layanan, perusahaan ini berhasil mencatatkan pencapaian yang mengesankan sepanjang tahun lalu.

Total pendapatan Indosat meningkat sebesar 10% YoY, mencapai Rp51,2 triliun, sementara EBITDA tumbuh signifikan sebesar 23,0% YoY menjadi Rp23,9 triliun. Margin EBITDA yang dinormalisasi juga mengalami peningkatan sebesar 4,5 poin persentase YoY, mencapai 46,8%. Selama 3 tahun berturut-turut, laba bersih yang dinormalisasi tetap positif, mencapai Rp3,5 triliun.

Peningkatan kinerja ini tidak lepas dari kontribusi pendapatan yang berkualitas dari segmen Seluler, Multimedia, Data Communication, dan Internet (MIDI), serta Telekomunikasi Tetap. Selama tahun 2023, pendapatan Seluler tumbuh sebesar 8,7% YoY, sedangkan pendapatan MIDI meningkat 13,0% YoY. Sementara itu, pendapatan Telekomunikasi Tetap melonjak 28,4% YoY.

Indosat berhasil mendekatkan hubungan dengan hampir seratus juta pelanggan melalui merek konsumennya, IM3 dan Tri. Hal ini tercermin dari peningkatan Mobile Average Revenue Per User (ARPU) sebesar 5,3%, mencapai Rp35,6 ribu, serta peningkatan skor Customer Satisfaction (CSAT) untuk kedua merek tersebut.

Pada sisi teknologi, Indosat meningkatkan jumlah Base Transceiver Station (BTS) 4G sebesar 30,7% YoY menjadi 179 ribu, dengan fokus pada perluasan jangkauan di wilayah perdesaan. Proses integrasi jaringan menggunakan teknologi Multi-Operator Core Network (MOCN) berhasil diselesaikan dalam waktu singkat, meningkatkan jangkauan dan kualitas layanan bagi pelanggan.

Indosat juga memperluas bisnisnya ke segmen internet fixed broadband melalui akuisisi aset milik MNC Play, dengan jumlah pelanggan Home Broadband (HBB) mencapai 336,9 ribu di akhir tahun 2023. Layanan digital seperti myIM3 dan bima+ juga mencatat peningkatan pengguna aktif bulanan sebanyak 8,6 juta YoY.

Baca Juga :
Pembangunan ATP di Badung Utara, Giri Prasta : Langkah Konkrit Kolaborasikan Industri Pariwisata Dengan Pertanian

Dalam upaya menjadi perusahaan teknologi (TechCo), Indosat terus mengembangkan infrastruktur pusat data berbasis Artificial Intelligence (AI) di Indonesia. Kolaborasi dengan mitra strategis mendukung visi perusahaan dalam memajukan pembangunan AI Cloud tingkat dunia.

Vikram Sinha, President Director and Chief Executive Officer Indosat Ooredoo Hutchison, menyatakan, “Pencapaian gemilang Indosat pada tahun 2023 menegaskan komitmen kami untuk terus mendorong kemajuan ekosistem industri telekomunikasi di Indonesia. Kami akan terus memperluas jaringan, meningkatkan layanan, dan mempercepat transformasi digital bangsa demi menghubungkan dan memberdayakan masyarakat Indonesia.” (Rls)

Leave a Comment

Your email address will not be published.