10 Manfaat Kesehatan Beras Merah untuk Kesehatan yang Perlu Diketahui

https://unsplash.com/photos/a-white-plate-topped-with-meat-and-veggies-vMfD7Cwteuc

Beras menjadi salah satu makanan pokok di Indonesia. Selain beras putih, masyarakat Indonesia juga mengkonsumsi beras merah. Meskipun tidak setenar beras putih, manfaat beras merah dari sisi kesehatan sangat banyak Kalangan penggiat hidup sehat mengakui bahwa beras merah memiliki kandungan gula rendah serta nutrisinya lebih tinggi.

10 Manfaat Kesehatan Beras Merah untuk Kesehatan

Banyak jurnal yang menyatakan bahwa konsumsi beras putih harus dibatasi karena mempengaruhi kadar gula. Oleh karena itu, banyak masyarakat yang ingin hidup sehat memilih beralih ke beras merah. Bahkan beberapa orang memilih beras merah sebagai makanan pokok saat sedang menurunkan berat badan atau diet.

Berikut ini sederet manfaat beras merah dari segi kesehatan:

1. Mampu Mengontrol Diabetes

Keistimewaan beras merah terletak pada kandungan gula yang lebih rendah, sehingga Anda lebih mudah mengontrol kadar gula darah. Inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa penderita diabetes disarankan mengkonsumsi beras merah.

2. Mencegah Obesitas

Beras merah mengandung zat mangan yang bermanfaat mensintesis lemak. Konsumsi beras merah secara rutin membantu mengurangi indeks massa tubuh serta lemak yang akan mempengaruhi berat badan Anda.

3. Mencegah Alzheimer

Menariknya konsumsi beras merah juga mampu mencegah komplikasi neurodegeneratif, salah satunya alzheimer. Beras merah yang bertunas dapat membantu menghambat enzim berbahaya bernama endopeptidase prolyl secara alami.

4. Kesehatan Jantung Meningkat

Kandungan selenium yang ada di beras merah memiliki manfaat meningkatkan fungsi kinerja jantung. Senyawa lainnya seperti Lignan dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Jika secara rutin mengkonsumsi beras merah, maka dapat menurunkan penumpukan plak.

5. Melancarkan Sistem Pencernaan

Faktanya beras merah menjadi sumber serat larut yang baik bagi tubuh, sehingga dapat membantu melancarkan sistem pencernaan. Mengkonsumsi beras merah juga membantu memudahkan pergerakan usus.

Baca Juga :
Dirawat 2 Bulan Lebih, Pasien Positif Covid-19 Akhirnya Dirujuk

6. Antioksidan yang Tinggi

Antioksidan tinggi dalam tubuh akan membantu mencegah radikal bebas yang mengakibatkan kerusakan. Kandungan antioksidan pada beras merah terbukti efektif melawan radikal bebas, sehingga mencegah penyakit kronis.

7. Mengurangi Peradangan

Fakta lain saat konsumsi rutin beras merah yaitu mengandung antioksidan. Perpaduan antioksidan dan antiinflamasi di dalamnya akan membantu mengatasi masalah peradangan.

8. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Beras merah memiliki kandungan vitamin mineral serta komponen esensial yang secara khusus membantu Anda meningkatkan sistem kekebalan. Selain itu, kandungan tersebut juga mempercepat proses penyembuhan.

9. Menurunkan Stres

Menjaga kesehatan mental Ibu pada masa menyusui harus menjadi fokus utama. Fakta yang tersembunyi dari beras merah yaitu mampu menjaga tubuh serta kesehatan mental Ibu menyusui. Hal tersebut berkaitan dengan kandungan beras merah yang membantu menurunkan gangguan suasana hati.

10. Mencegah Kanker

Hampir semua jenis kanker menjadi penyakit yang paling ditakuti Anda bisa mencegahnya dengan konsumsi rutin beras merah. Sebab, beras jenis tersebut mengandung antioksidan yang kuat serta serat tinggi. Kandungan lain pada beras merah yakni fenolik memiliki kemampuan menghambat sel-sel penyebab kanker payudara dan usus besar.

Jika menginginkan manfaat beras merah Anda bisa membelinya di Blibli. Tidak perlu khawatir lagi memilih beras merah yang berkualitas karena seller platform e-commerce ini terpercaya. Selain itu, Blibli menghadirkan berbagai macam kebutuhan pokok dalam satu platform. Anda bisa berbelanja berbagai jenis kebutuhan, sehingga lebih praktis.

Untuk soal pengiriman, Anda tidak perlu khawatir karena Blibli selalu mengirim produk tepat waktu. Selain itu, terdapat garansi yang menjamin barang sampai di tangan customer dalam keadaan baik.

Untuk memperoleh berbagai keunggulan produk beras merah, maka sebagai konsumen harus memilih produk alami. Teliti kembali sebelum membeli agar mendapatkan manfaat beras merah secara keseluruhan. Selain itu, perhatikan juga cara memasaknya dan lauk pendamping agar beras merah tetap sehat untuk dikonsumsi. (RED-MB)

Baca Juga :
Melebihi Izin Tinggal, Imigrasi Singaraja Mendeportasi WN Rusia

 

Leave a Comment

Your email address will not be published.