Polres Jembrana Siagakan 400 Personil Amankan Arus Mudik Lebaran

Balinetizen.com, Jembrana

Arus mudik Lebaran 2024 menjadi atensi Polres Jembrana. Sebanyak.400 personil diterjunkan untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi para pemudik. Tidak hanya itu, beberapa langkah juga telah dipersiapkan untuk mengurai kemacetan, termasuk menyiapkan kantong-kantong parkir.

Kapolres Jembrana AKBP Endang Tri Purwanto mengatakan, menjelang arus mudik Lebaran ada enam pos yang akan didirikan. Yakni empat pos pengamanan, satu pos pelayanan dan satu pos pelayanan terpadu.

Pihaknya juga telah menyiapkan beberapa cara bertindak (CBT) untuk mengantisipasi kemungkinan kendala saat arus mudik. “Ada 400 lebih personil kita kerahkan untuk memberikan pengamanan. CBT ini kita siapkan untuk situasi normal, padat dan sangat padat,” ujar Kapolres.

Selain itu, juga telah disiapkan enam kantong parkir. Yaitu empat kantong parkir untuk kendaraan truk sumbu tiga yang melintas saat masa pembatasan kendaraan. Dan dua kantor parkir bagi kendaraan pribadi maupun roda dua.

“Kita juga siapkan tim untuk membangunkan sopir yang ketiduran ketika antrian lama. Tim ini kita namakan Patroli Setrika karena mereka akan bolak-balik mengecek sopir yang tertidur,” jelas Kapolres AKBP Tri Purwanto.

Sejumlah gang juga akan dimanfaatkan dan sedikitnya ada tiga gang di areal Kargo Gilimanuk disiapkan untuk mengurai kemacetan sehingga kendaraan tidak memenuhi badan jalan.

Gang pertama, kata Kapolres, dimanfaatkan untuk kendaraan roda dua atau sepeda motor. Kemudian gang kedua untuk kendaraan yang memiliki tiket dan gang ketiga bagi kendaraan yang membeli tiket on the spot.

Kapolres memprediksi akan terjadi peningkatan 30 persen saat arus mudik tahun 2024 ini. Dan pihaknya sudah melakukan antisipasi bahkan ASDP telah menyiagakan empat kapal besar di Dermaga IV Pelabuhan Gilimanuk.

Baca Juga :
Walikota Jaya Negara Buka MPLS SMP,  Wujudkan Merdeka Belajar, Tingkatkan Kreativitas Siswa

“Persiapan sudah matang. Jalurnya sama seperti tahun-tahun sebelumnya. Kami akan memperkuat anggota dalam memberikan informasi sehingga pemudik tidak kebingungan,” tegas Kapolres Jembrana AKBP Endang Tri Purwanto. (Komang Tole)

Leave a Comment

Your email address will not be published.