Bupati Tabanan Tegaskan Komitmen untuk Percepatan Pembangunan Infrastruktur Teknologi Wujudkan Bali Smart Island

Balinetizen.com, Tabanan

Menjadi narasumber dalam podcast bersama PLN Icon Plus, Bupati Tabanan, Dr. I Komang Gede Sanjaya,S.E.,M.M tegaskan komitmennya dalam mendukung  percepatan pembangunan infrastruktur teknologi di Kabupaten Tabanan. Dalam podcast yang berlangsung di Kantor Bupati Tabanan pada Senin, (20/5) yang bertajuk Icon Talks Edisi 4 tersebut membahas langkah-langkah konkret yang telah diambil oleh Kabupaten Tabanan dari segi infrastruktur demi terwujudnya Bali Smart Island.

Didampingi oleh Sekda Tabanan, bersama dengan jajaran Kepala Pimpinan OPD terkait di lingkungan Pemerintah Kabupaten Tabanan, Sanjaya menyambut baik kehadiran Vice President Pemasaran PLN Icon+, Wahyu Haris Kusuma Atmaja dan timnya yang terdiri dari 9 orang lainnya guna menggelar podcast bersama pimpinan nomor satu di Tabanan.

Melalui wawancara podcast siang itu, Sanjaya menyoroti Visi-misi Kabupaten Tabanan menuju Tabanan Era Baru yang Aman, Unggul, Madani (AUM) yang sangat mendukung terwujudnya Bali Smart Island. Visi-misi ini menjadi pijakan dan arah, bahwa Kabupaten Tabanan melalui teknologi ingin mewujudkan masyarakat merasa aman dan nyaman, memiliki daya saing yang unggul dalam segala bidang pembangunan, serta mewujudkan masyarakat Tabanan yang sejahtera, sehat jasmani maupun rohani.

Semua ini, menurut Sanjaya dapat tercapai dengan penerapan teknologi cerdas. Guna memastikan pembangunan infrastruktur memiliki dampak positif yang berkelanjutan, Sanjaya mengambil berbagai langkah konkret, diantaranya membangun infrastruktur teknologi dengan sistem pemerintahan berbasis elektronik (SPBE) guna mewujudkan tata kelola pemerintahan dan pelayanan publik yang transparan, efektif, efisien.

Selain itu, juga menyediakan program dukungan peningkatan pembangunan masyarakat melalui layanan free akses wifi (internet gratis) yang berkolaborasi dengan berbagai pihak, salah satunya Icon Plus sebagai salah satu perusahaan milik negara yang telah bersinergi bersama memberikan layanan internet gratis di seluruh pelosok Kabupaten Tabanan.

Baca Juga :
Inspeksi Pengerjaan Ruas Jalan Bupati Tekankan Kualitas Dan Estetika Konstruksi Harus Baik

“Penyediaan pembangunan infrastruktur ini diharapkan dapat mewujudkan pemerataan dalam akses informasi digital, meningkatkan perekonomian, kepariwisataan, memperkuat budaya serta pengetahuan, sesuai dengan potensi lokal dan wawasan global yang dimiliki. Adanya pembangunan infrastruktur ini, sebagai upaya Tabanan untuk memotivasi kreativitas dan inovasi dalam dinamika perubahan yang begitu cepat, namun tetap tidak melupakan akar budaya Bali sebagai spirit dalam mewujudkan Tabanan yang AUM,” ujar Sanjaya.

Dalam kesempatan yang sama, Sanjaya juga sampaikan apresiasi serta ucapan terima kasihnya kepada PLN Icon Plus yang telah berkontribusi dalam pembangunan infrastruktur di Kabupaten Tabanan. Kolaborasi yang dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Tabanan dengan berbagai pihak, salah satunya PLN Icon Plus ini dirasakannya sangat membantu dalam memberikan masukan terkait pengembangan dan penerapan pembangunan infrastruktur teknologi cerdas di Kabupaten Tabanan.

“Dengan teknologi dan infrastruktur yang dimiliki oleh PLN Icon Plus, pembangunan program layanan masyarakat internet gratis pada tempat publik di seluruh Desa Adat, layanan puskesmas, fasilitas publik masyarakat, serta di objek wisata yang tersebar di seluruh Kabupaten Tabanan. Layanan internet gratis ini untuk tahun 2024 tersebar di hampir 500 titik lokasi di Kabupaten Tabanan dapat terwujud,” imbuh Sanjaya

Lebih lanjut, politisi asal Dauh Pala tersebut berharap agar kedepannya, kerjasama yang sudah terjalin dalam upaya pembangunan infrastruktur lainnya di Kabupaten Tabanan dapat terus ditingkatkan, sehingga masyarakat semakin mudah menjangkau teknologi informasi, guna mempercepat pembangunan yang menyeluruh di Kabupaten Tabanan. Pembangunan yang menyeluruh sangat diyakini akan membawa kesejahteraan bagi seluruh masyarakat dan tentunya tetap memegang teguh tradisi dan budaya yang ada. @prokopimtabanan,-

Leave a Comment

Your email address will not be published.