Polres Jembrana Amankan Belasan Ekor Penyu

 

Balinetizen.com, Jembrana

Belasan ekor penyu berhasil diamankan Satuan Polisi Air dan Udara (Sat Polairud) Polres Jembrana. Penyu sebanyak 15 ekor kemudian dititipkan di tempat konservasi penyu Kurma Asih Perancak untuk menjalani karantina, Senin (27/5/2024).

Dari informasi penyu dengan berbagai ukuran diamankan Sat Polairud Polres Jembrana di pesisir pantai wilayah Kecamatan Melaya, Kabupaten Jembrana.

Koordinator Konservasi Pelestari Penyu (KPP) Kurma Asih, I Wayan Anom Astika Jaya mengatakan, total ada 15 ekor penyu dengan berbagai ukuran dan usia yang ia terima dari Polres Jembrana.

“Jenisnya penyu hijau. Kami terima tadi pagi sekitar pukul 07.00,” ujar Anom, Senin (27/5/2024).

Disebutnya dari 15 ekor penyu hijau itu ada 6 ekor memiliki diameter cukup besar sekitar 80-100 centimeter dengan usia kisaran 40-50 tahun. Sedangkan sisanya diperkirakan berusia 10-15 tahunan. “Ukuran yang paling besar beratnya mencapai 120 kilogram,” imbuhnya.

Menurutnya secara umum kondisi penyu semuanya masih sehat. Hanya saja ada satu ekor penyu jantan bermasalah pada kelaminnya. Namun demikian sudah mendapat penanganan.

“Saat ini sampai beberapa hari ke depan masih kita pantau untuk observasi. Mudah-mudahan kembali sehat sehingga segera bisa dilepasliarkan ke habitatnya,” ungkapnya.

Sementara itu, Kapolres Jembrana, AKBP Endang Tri Purwanto membenarkan bahwa ada 15 ekor penyu jenis hijau yang berhasil diamankan. Dan pihaknya masih melakukan pengembangan. “Masih dalam pengembangan,” ujarnya. (Komang Tole)

Baca Juga :
Bupati Giri Prasta Komit Tuntaskan Penataan Pantai Kuta

Leave a Comment

Your email address will not be published.