Sanggar Wredi Kumara Jaya Duta Kabupaten Badung di PKB XLVI

Sekda Badung l Wayan Adi Arnawa menghadiri gladi bersih peserta parade gong kebyar wanita dari Sanggar Wredi Kumara Jaya Banjar Pekandelan, Legian Tengah, Desa Adat Legian sebagai duta Kabupaten Badung di ajang PKB di Wantilan Pura  Dalem Desa Adat Legian Kuta Badung, Jumat (15/6). 

Balinetizen.com, Mangupura-

Mewakili Bupati, Sekretaris Daerah Kabupaten Badung l Wayan Adi Arnawa menghadiri gladi bersih sekaligus pelepasan peserta parade gong kebyar wanita dari Sanggar Wredi Kumara Jaya Banjar Pekandelan, Legian Tengah, Desa Adat Legian yang mewakili Kabupaten Badung di ajang Pesta Kesenian Bali (PKB) Ke-46 bertempat di Wantilan Pura  Dalem Desa Adat Legian Kuta Badung, Jumat (14/6).

Pesta Kesenian Bali merupakan parade atau festival kesenian tahunan yang dijadikan sebagai wadah aktivitas dan kreativitas para seniman dalam upaya mendukung program pemerintah dalam hal penggalian, pelestarian, dan pengembangan nilai-nilai seni budaya Bali.

Kegiatan PKB XLVI tahun ini akan berlangsung dari tanggal 15 Juni- 3 Juli 2024 mendatang di di Art Center Desa Sumerta Kelod Denpasar, pada pesta kesenian tersebut terdapat 10 jenis kegiatan yang akan  digelar yakni kegiatan Kriya Loka, Wimbakara, Widyatula, Rekasadana, Kandarupa, Utsawa, Peed Aya, Adhi Suwaka Nugraha, Jantra Tradisi Bali dan Bali World Cultural Celebration dengan menggunakan 12 lokasi.

Dalam sambutannya Sekda  Adi Arnawa mengatakan dirinya sangat mengapresiasi dengan pertunjukan Gong Kebyar dari Penabuh  Wanita Sanggar Wredi Kumara Jaya, serangkaian gladi bersih persiapan mewakili Badung dalam ajang pesta kesenian Bali Ke-46. “Saya mengapresiasi penampilan adik-adik pada gladi bersih malam ini sudah menampilkan menabuh nyaris sempurna, dan saya berharap di pesta kesenian agar mempertahankan performa yang optimal  sehingga bisa tampil maksimal sesuai harapan kita bersama,” ujarnya

Sekda Adi Arnawa juga berpesan kepada para peserta penabuh pentingnya menjaga kondisi dan mempersiapkan diri dengan baik. “Saya minta dengan sangat kepada adik-adik yang akan tampil di pesta kesenian nanti agar menjaga kesehatan dan mempersiapkan diri dari sekarang karena bagaimanapun bagusnya penampilan malam ini tanpa di dukung dengan kondisi yang sehat tentu nanti akan berdampak pada konsentrasi yang tidak fokus sehingga tidak bisa tampil maksimal, maka dari itu tolong tunjukan semangat yang optimal dan buktikan adik-adik layak menjadi duta kabupaten Badung,” imbuh Sekda Adi Arnawa seraya menyerahkan bantuan secara pribadi sebesar Rp. 20 juta untuk Sekaa Gong wanita dan Rp. 20 juta untuk Gong Kebyar.

Baca Juga :
Wawali Arya Wibawa Buka Rakor Pengawasan Inspektorat Kota Denpasar Tahun 2024

Sementara itu Kelian Pekandelan Legian Tengah A.A. Putu Gede Sutamba melaporkan bahwa tanggal 19 Juni, gong kebyar wanita akan mebarung dengan Sanggar Seni Hari Dwipa Gambelan Group, Desa Dauh Peken, Kecamatan Tabanan, Duta Kabupaten Tabanan dan Sanggar Seni Jagratara, Br. Tegal Lenga, Desa Kalisada, Kecamatan Seririt, Duta Kabupaten Buleleng.

“Penabuh gong kebyar wanita ini, hasil dari pembinaan Sanggar Wredi Kumara Jaya, dimana Sanggar Wredi Kumara Jaya ini mulai terbentuk pada tanggal 16 Juli tahun 2018. Kami sempat latihan 1,5 tahun setelah itu ada pandemi Covid 19 sehingga menyebabkan kami tidak bisa melanjutkan aktivitas seperti biasanya selama 2 tahun. Dan untuk para Peserta penabuh yang mewakili Kabupaten Badung ini 80% dari binaan Sanggar Wredi Kumara Jaya. Kami bekerjasama dengan Puskesmas Kuta II melakukan cek kesehatan dan memberikan vitamin kepada para peserta, dan terima kasih kepada Pemkab Badung yang sudah mendanai kegiatan persiapan di ajang PKB Ke-46 sebesar Rp. 850 juta,” ungkapnya

Turut hadir anggota DPRD Badung AA. Ngurah Sudiarsa, Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Badung I Gede Sudarwitha , Camat Kuta D. Ngurah Bayudhewa, Lurah Legian Putu Eka Martini, Ketua Listibiya Kecamatan Kuta, Ketua LPM Legian beserta undang lainnya.

Sumber : Prokompim Badung

Leave a Comment

Your email address will not be published.