PDN Alami Gangguan, Imigrasi Bali Tutup Layanan Percepatan Paspor

 

Balinetizen.com, Denpasar-

Gangguan sistem di Pusat Data Nasional (PDN) menyebabkan server down pada sistem jaringan komunikasi seluruh keimigrasian Indonesia. Akibatnya, seluruh layanan percepatan paspor di seluruh Kantor Imigrasi di Indonesia, termasuk Bali, mengalami penutupan sementara.

Di Bali, dua kantor Imigrasi yakni Denpasar dan Ngurah Rai menutup akses layanan percepatan paspor pada Jumat, 21 Juni 2024. Hal ini disebabkan oleh gangguan server PDN yang masih dalam penanganan tim IT pusat.

Mahdi Jibril, Kepala Sub Seksi Teknologi dan Informasi Imigrasi Denpasar, menyatakan bahwa saat ini layanan percepatan paspor ditiadakan karena gangguan pada server PDN. “Belum ada info lebih lanjut dari pusat, masih penanganan dari tim IT,” ujarnya.

Nyoman Asta B, Kepala Teknologi dan Informasi Keimigrasian Ngurah Rai, juga mengonfirmasi hal yang sama.

“Sementara sistem masih terkena gangguan. Masih dilaksanakan pemeriksaan di konter manual,” ungkapnya. Ia juga menyarankan untuk menanyakan penyebab gangguan ini kepada Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

Nyoman Asta memastikan bahwa layanan di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai tetap berjalan secara manual.

“Petugas sudah all out melakukan yang terbaik, semoga server segera normal kembali,” harapnya. Ia juga mengimbau agar penumpang yang hendak berangkat tiba lebih awal dari jadwal keberangkatan untuk menghindari antrian.(Tri Widiyanti)

Baca Juga :
Presiden Akan Silaturahmi dengan Keluarga Korban KRI Nanggala 402, Panen Padi, hingga Tinjau Lokasi Terdampak Gempa

Leave a Comment

Your email address will not be published.