Wabup Kembang Buka Musrenbang Kabupaten Jembrana

Wakil Bupati Jembrana I Made Kembang Hartawan Buka Musrenbang Kabupaten Jembrana  di lantai 2 Gedung Kesenian Bung Karno, Selasa (2/4).

Balinetizen, Jembrana

Musrenbang Kabupaten Jembrana tahun 2019 untuk penyusunan RKPD Kabupaten Jembrana tahun 2020, dibuka oleh Wakil Bupati Jembrana I Made Kembang Hartawan bertempat di Aula lantai 2 Gedung Kesenian Bung Karno, Selasa (2/4).

Musrenbang yang dihadiri Ketua DPRD Jembrana, I Ketut Sugiasa, Kepala Bappeda Propinsi Bali, I Wayan Wiastama Ika Putra, Kepala Litbang Bappeda Kabupaten Jembrana, Ketut Swijana, forum komunikasi pimpinan daerah, para pimpinan OPD, Camat, Perbekel termasuk BPD se Kabupaten Jembrana menghadirkan 3 narasumber yakni dari Unud, Kopertis dan Statistik.

Kepala Litbang Bappeda Kabupaten Jembrana Ketut Swijana mengatakan, Musrenbang Kabupaten dilaksanakan untuk mengoptimalkan proses perencanaan pembangunan guna mewujudkan tujuan pembangunan daerah. “salah satu tujuannya adalah klarifikasi program dan kegiatan yang merupakan kewenangan daerah kabupaten dengan program dan kegiatan desa yang diusulkan berdasarkan hasil musrenbang kecamatan” ujar swijana.

Sementara itu Wakil Bupati Jembrana I Made Kembang Hartawan mengatakan, Musrenbang dimaksudkan untuk mengoptimalkan proses perencanaan pembangunan Kabupaten Jembrana dalam upaya mewujudkan tujuan pembangunan daerah serta menyepakati prioritas pembangunan daerah, “singkronisasi perencanaan program dari kabupaten, Propinsi dan pusat sangat penting. Untuk itu Musrenbang yang kita laksanakan ini kita harapkan terus dirawat dengan baik. Selain itu apapun yang menjadi masukan dan aspirasi masyarakat melalui musrenbang baik dari tingkat Musrenbang desa dan kecamatan harus betul-betul bisa kita akomodir tetapi juga harus tetap memperhatikan skala prioritas, “ujarnya.

Wabup Kembang juga minta agar hasil musrenbang tidak keluar dari koridor cita-cita pimpinan daerah yang tertuang dalam visi dan misi pembangunan. “Musrenbang juga tetap berorientasi dalam penyusunan program memperhatikan Visi Missi kepala daerah dalam menjalankan roda pembangunan daerah. Untuk itu kepada para OPD harus betul-betul terlibat dari awal secara langsung dalam penyusunan ini bahkan memberikan ide-ide  yang inovatif yang sejalan dengan prioritas pembangunan”. tegasnya.

Baca Juga :
Bupati Giri Prasta Hadiri HUT ke-52 ST Bruma

Sementara Kepala Bappeda  Litbang Propinsi Bali, I Wayan Wiastama Ika Putra mengatakan, Musrenbang yang dilaksanakan ini merupakan Musrenbang Kabupaten yang terakhir di Propinsi Bali. “Dari sisi ketentuan waktu pelaksanaan Musrenbang kita di Propinsi Bali telah memenuhi ketentuan. Ketika kita menusun RKPD tahun 2020 semuanya selaras dengan dokumen RPJMD Propinsi Bali dengan 5 sektor prioritas dimana ini sudah sejalan dengan Kabupaten Jembrana yakni, sector bidang sandang, pangan dan papan. Kemudian yang kedua bidang pendidikan dan kesehatan, ketiga jaminan social dan ketenaga kerjaan, ke empat adat agama tradisi seni dan budaya serta yang ke lima pariwisata, “pungkasnya (eka/hmsj)

Sumber : Humas Jembrana

Leave a Comment

Your email address will not be published.