Suara Capres 01 di Bali 92 Persen, Tertinggi se-Indonesia, Jokowi Langsung Telepon Koster Ucapkan Terima Kasih

Avatar
ads

Foto: Gubernur Bali I Wayan Koster bersama Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati (Cok Ace) usai memberikan keterangan pers di Rumah Jabatan Gubernur Bali, Jaya Sabha, Denpasar, Kamis siang (18/4/2019).

Denpasar (Metrobali.com)-

Kemenangan pasangan capres-cawapres nomor urut 01 Jokowi-Ma’ruf Amin di  Provinsi Bali mencapai 92 persen berdasarkan hasil quick count (hitung cepat). Bahkan kemenangan telak Jokowi di Pulau Dewata ini menjadi persentase kemenangan tertinggi dari 34 provinsi di seluruh Indonesia.

Kemenangan telak ini tidak terlepas dari totalitas dan kerja keras Ketua DPD PDI Perjuangan I Wayan Koster yang juga Gubernur Bali untuk menggerakkan seluruh kekuatan yang ada. Kemenangan telak ini pun langsung mendapatkan apresiasi dari Jokowi yang secara langsung menghubungi Koster via telepon Kamis sore (18/4/2019).

Jokowi mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Koster dan juga seluruh elemen masyarakat Bali. Hal ini sebagaimana diakui oleh Gubernur Koster.

“Pada hari ini tepatnya Pukul 18.30 Wita ,Presiden RI yang juga capres terpilih menelpon saya di kediaman Jaya Sabha, Denpasar,” kata Koster dalam pesan WhatsApp yang dikirimkan ke Redaksi Metro Bali, Kamis sore (18/4/2019).

Menurut Koster, Jokowi menyampaikan sejumlah hal. Pertama Jokowi mengaku  telah mendapat laporan bahwa hasil hitung cepat data masuk sudah mencapai 100 persen. Yang sangat membanggakan persentase kemenangan capres 01 mencapai 92 persen di Bali. Angka ini menjadi yang paling tinggi dari 34  provinsi di Indonesia.

Atas capaian prestasi ini, Gubernur Bali yang juga Ketua DPD PDI Perjuangan Bali menjadi yang pertama dihubungi Jokowi untuk mengucapkan terima kasih atas tingginya perolehan suara tersebut.

“Beliau (Jokowi-red) tadinya mengira Bali akan memperoleh suara sekitar 80 persen. Sehingga beliau merasa sangat surprise atas tingginya perolehan suara tersebut,” ujar Koster.

Baca Juga :
Kunjungan Kerja ke NTT, Presiden Akan Tinjau Pengembangan Infrastruktur Wisata di Labuan Bajo

Dalam percakapannya dengan Koster, Jokowi juga menitipkan ucapan terima kasih kepada seluruh masyarakat Bali yang telah memberikan dukungan maksimal untuk pasangan capres-cawapres Jokowi-Ma’ruf Amin pada Pilpres 17 April 2019 ini.

Jokowi juga mengapresiasi kerja dan pendekatan yang telah dilakukan Gubernur Bali kepada para tokoh masyarakat saat acara tatap muka tanggal 22 Maret 2019 di Ardha Candra, Art Center Denpasar yang dipenuhi tokoh masyarakat se-Bali walaupun diguyur hujan hingga malam hari.

“Saya juga menyampaikan kepada Bapak Presiden akan menghadap selaku Gubernur Bali untuk menyampaikan aspirasi pembangunan Bali ke depan. Beliau memberi jawaban menjadwalkan merima saya di Istana minggu depan,” ungkap Koster.

Tidak Perlu Ada Pesta Kemenangan

Sebelumnya dalam keterangan pers di Rumah Jabatan Gubernur Bali, Jaya Sabha, Denpasar, Kamis siang (18/4/2019), Gubernur Bali I Wayan Koster angkat bicara terkait hasil hitung cepat (quick count) berbagai lembaga survei yang menunjukkan persentase indikasi kemenangan pasangan Joko Widodo dan Ma’ruf Amin sebesar 53 persen hingga 55 persen secara nasional.

Khususnya di Bali angkanya mencapai dikisaran 90 persen, termasuk indikasi kemenangan untuk PDI Perjuangan secara nasional dan khususnya di Bali

“Hendaknya hasil itu disikapi dengan rasa syukur dan bahagia, tidak perlu ada pesta kemenangan,” kata Gubernur Koster didampingi Wakil Gubernur Bali Tjokrorda Oka Artha Ardhana Sukawati (Cok Ace) dalam keterangan pers kepada awak media.

Ia juga mengajak semua pihak tetap menjaga situasi dan kondisi Bali agar tetap kondusif, memelihara persatuan dan kesatuan, dan menghormati semua pihak termasuk Tim Pasangan Prabowo dan Sandiaga Uno di Bali.

“Dengan tidak memancing atau terpancing dari pihak manapun juga sebagai bentuk komitmen bersama Nindihin Gumi Bali,” imbuh Koster yang juga Ketua DPD PDI Perjuangan Provinsi Bali ini

Baca Juga :
Wapres: Dalam Politik Tidak Ada Kawan dan Lawan Abadi

Selanjutnya, Koster mengajak semua pihak menunggu hasil resmi penghitungan dari KPU. “Mari kita kawal proses dan tahapan penghitungan suara yang dilaksanakan oleh KPU dengan penuh kesabaran dan berlapang dada,” ajak Koster.

Koster Apresiasi Tingginya Partisipasi Pemilih

Gubernur Koster juga mengapresiasi penyelenggaraan Pemilihan Umum Serentak 17 April 2019  yaitu Pemilihan Presiden-Wakil Presiden dan Pemilihan Umum Legislatif telah berlangsung dengan nyaman, aman, dan damai serta lancar dan sukses.

Menurut Koster, dari hasil pemantauan langsung maupun tidak langsung, melalui jajaran Partai serta lembaga lain memperlihatkan bahwa masyarakat berbondong-bondong dengan antusias dan bergembira datang ke TPS menggunakan hak pilihnya sebagai warga negara yang disiplin dan bertanggungjawab dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara untuk memilih Calon Presiden dan Wakil Presiden serta Calon Anggota Legislatif.

Kenyataan ini sesuai dengan harapan dan himbauan yang dilakukan oleh Gubernur bersama Parisadha Bali dan MUDP serta Kepolisian Bali dan berbagai lembaga lainnya yang telah memberikan dan motivasi kepada Krama Bali untuk menggunakan hak pilihnya.

“Dengan melihat dinamika lapangan di TPS masing-masing wilayah se-Bali harapan tingkat partisipasi pemilih dalam DPT (Daftar Pemilih Tetap) tampaknya akan tercapai dengan target 80% meningkat dari kehadiran pemilih pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Bali 2018,” papar Koster.

Berkenaan dengan hal tersebut, sebagai Gubernur Bali mewakili Pemerintah Provinsi Bali dan Krama Bali Koster mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada penyelenggara Pemilu Serentak 17 April 2019.

Diantaranya kepada KPU, Bawaslu, beserta jajarannya serta kepada Kepala Polda Bali, Pangdam llX Udayana, dan Danrem yang telah melaksanakan tugasnya dengan baik. Ucapan terimakasih juga kepada semua pihak yang telah ikut berpartisipasi mendukung penyelenggaraan Pemilu Serentak di Bali.

Baca Juga :
Penembak Korban Tewas Kericuhan 22 Mei Gunakan Senjata Nonorganik

“Secara khusus, saya juga mengucapkan terimakasih dan penghargaan yang tulus kepada krama Bali yang telah menggunakan hak pilihnya datang ke TPS,” tandas Koster. (wid)

Leave a Comment

Your email address will not be published.

You may like

In the news
Load More
ads