Bupati Suwirta Terima Penghargaan Manggala Karya Kencana

Prof. Drh. Mohammed Rizal Martua Damanik, M.RP.Sc, Phd menganunggrahkan Penghargaan Manggala Karya Kencana (MKK) kepada Bupati Suwirta

Balinetizen.com, Klunngkung

Seusai menghadiri Kegiatan Lomba Sekolah Sehat, Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta juga menyempatkan diri untuk hadir dalam Peringatan Momentum Hari Kependudukan Dunia yang diintegrasikan dengan Penyerahan Manggala Karya Kencana (MKK), Launching Sekolah Siaga Kependudukan (SSK) dan Pojok Kenpendudukan serta Peresmian Rumah Dataku yang bertempat Banjar Pande, Desa Dawan Klod,  Kecamatan Dawan, Kabupaten Klungkung, Selasa (6/8/2019). Dalam kegiatan ini dihadiri Kepala Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) yang diwakili oleh Deputi Bidang Pelatihan, Penelitian dan Pengembangan Pusat Prof. Drh. Mohammed Rizal Martua Damanik, M.RP.Sc, Phd, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Klungkung Ny, Ayu Suwirta, Wakil Tim Penggerak PKK Kabupaten Klungkung Ny, Sri Kasta, Camat Dawan Anak Agung Gede Putra Wedana, Perbekel Desa Dawan I Nyoman Sarka serta undangan terkait lainnya.

Dihadapan Deputi Bidang Pelatihan, Penelitian dan Pengembangan Pusat Prof. Drh. Mohammed Rizal Martua Damanik, M.RP.Sc, Phd, Bupati Suwirta memperkenalkan  sepuluh program inovasi Pemkab Klungkung yang masuk dalam Innovative Goverment Award (IGA) Tahun 2018 diantaranya yakni Gema Arca (Gerakan Masyarakat Gemar Membaca), Bima Juara (Beli Mahal Jual Murah), Bela Nanda (Pemberian Langsung Akta Kelahiran), Kawi Smara (Pemberian Langsung Akta Perkawinan), Predator (Pendataan Dokumen Kependudukan), Hallo BPBD 23000 (Respon Cepat Kebencanaan), TOSS/Gema Bestari (Tempat Olah Sampah Setempat), Angkutan Siswa Gratis, dan Sirenbangda. Menurut Bupati, program inovasi ini berawal dari program aksi Gema Santi (Gerakan Masyarakat Santun dan Inovatif) yang dilaunching April 2016 lalu. Ada 18 program inovasi yang dibuat OPD Pemkab Klungkung untuk mempercepat semua capaian program pemerintah. Inovasi tersebut sudah memiliki payung hukum dan dana yang dikeluarkan pemerintah sebagai dukungan untuk inovasi ini juga bisa dinikmati langsung oleh masyarakat. “Semua program inovasi yang kami buat telah dinikmati dan memberi dampak yang baik terhadap masyarakat,” Paparnya.

Baca Juga :
Upaya Gotong Royong dari Pemerintah Agar Indonesia Keluar Dari Pandemi

Selain itu, Bupati Suwirta juga mengenalkan program inovasi lainya yakni dibidang pendidikan program satu desa satu TK Negeri. Dukungan yang diraih ini berkat kerjasama seluruh lintas sektor dan mitra kerja yang ada sehingga akan dapat mensinkronisasikan berbagai bentuk kebijakan yang ada demi kemajuan Kabupaten Klungkung. “Langkah prestasi yang telah kita raih tidak harus puas dan berhenti pada hasil yang telah kita dapatkan, tetapi mari bersama-sama jadikan ini sebagai salah satu pemantik untuk kemajuan seluruh lapisan masyarakat,” harap Bupati suwirta.

Sementara itu, Deputi Bidang Pelatihan, Penelitian dan Pengembangan Pusat Prof. Drh. Mohammed Rizal Martua Damanik, M.RP.Sc, Phd mengatakan rasa bangga terhadap program inovasi yang dicanangkan Pemkab Klungkung. “Semoga program ini selalu bisa memberikan dampak yang positif kepada seluruh masyarakat khusunya di Kabupaten Klungkung,” Ujarnya.

Lebih lanjut, Prof. Drh. Mohammed Rizal Martua Damanik, M.RP.Sc, Phd juga menganunggrahkan Penghargaan Manggala Karya Kencana (MKK) kepada Bupati Suwirta. Penghargaan ini merupakan jasa dan komitmen Bupati yang sangat tinggi terhadap program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga. “Selamat Kepada Bapak Bupati atas penganugrahaan penghargaan MKK ini dan semoga kiranya semakin memotivasi kita semua dalam mengimplementasikan program KKBPK di daerah,” Harapnya. (Humasklk/puspa).

Leave a Comment

Your email address will not be published.