Tingkatkan Partisipasi Masyarakat Dalam Pilbup, KPU Badung Sasar Sosialisasi Kaum Millenial

Balinetizen.com, Mangupura

Sebagaimana tertuang dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum 15 Tahun 2019 tentang tahapan, program dan jadwal penyelenggaraan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tahun 2020 sebagaimana telah dirubah menjadi Peraturan Komisi Pemilihan Umum No 16 Tahun 2019 KPU Badung telah melakukan beragam publikasi dan tahapan.

Dan dalam rangka menyamakan pemahaman tentang tahapan tersebut KPU Kabupaten Badung melakukan Temu Media dalam upaya memberikan ruang dan peranserta keikutsertaan media.

“Peran media sangatlah strategis dalam membangun kesadaran dan partisipasi masyarakat dalam pemilu,” kata I Wayan Semara Cipta, Ketua KPU Kabupaten Badung, Minggu (23/2/2020).

Menurutnya, Pihaknya sedang melakukan perekrutan Badan Adhoc dan PPK tingkat Kecamatan sudah rampung prosesnya kemarin dan akan dilakukan pelantikan pada 27 Februari mendatang.

Selanjutnya, kata dia, untuk Badan Adhoc Panitia Pemungutan Suara di tingkat Desa kita sedang menunggu pelamar sampai dengan tanggal berakhirnya pada 24 Februari namun jika tak terpenuhi kuota maka akan dibuka pada 25-27 Februari 2020. Dan hari ini 23 Februari kami sedang menunggu berkas penyerahan syarat dukungan kepada Calon Perseorangan yang akan berakhir pada pukul 24.00 WITA.

“Jadi jika ada warga Kabupaten Badung yang tertarik untuk menjadi Calon Bupati dari jalur independen ya kami tunggu sampai tengah malam nanti dengan syarat membawa dukungan sejumlah 32.692 KTP dengan cakupan minimal dari 4 kecamatan.

Untuk selanjutnya, KPU Kabupaten Badung melakukan pemutakhiran data pemilih beserta proses seleksi perekrutan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) dan bersiap-siap dalam rangka tahap pencalonan yang dimulai pendaftarannya dimulai nanti pada tanggal 16-18 Juni 2020 kemudian pada 9 Juli 2020 mulai Penetapan Pasangan Calon lalu kemudian Masa Kampanye dimulai tanggal 11 Juli – 19 September 2020.

Baca Juga :
Pahlawan Demokrasi Asal Karangasem Meninggal Dunia

“Kami berkenan mengundang teman-teman media dalam rangka sosialisasi untuk mensukseskan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Badung yang akan kami kemas dalam beberapa pola dan segmentasi,” tuturnya.

Menurutnya, Pihaknya telah mensosialisasikan pola sosialisasi untuk segmen millenial yang kita kemas dengan Konser di Atas Truk bahkan pihaknya telah menggelar Lomba Nge-Vlog dan Lomba Aransemen Jingle Lagu KPU Kabupaten Badun.

“Untuk Lomba Vlog telah masuk nominasi 18 Karya yang menurutnya memiliki tema dan pesan yang bagus-bagus sekali sesuai kriteria originalitas karya, potensi viralitas, keahlian dalam pembuatan, kesesuaian materi dan tema, semua karya tersebut akan kita gunakan untuk sosialisasi kampanye kesadaran pemilu buat kaum millenial,” tambahnya.

Untuk menyasar segmentasi masyarakat umum pihaknya juga akan mengadakan lomba pementasan seni dan budaya yang akan menggugah kesadaran dan partisipasi masyarakat dalam pemilu yang diadakan pada saat kegiatan dan upacara yang mana istilahnya mem-Pudnya yaitu dalam bentuk pembondresan yang isi dan materi konten pembondresannya adalah proses dan tahapan pemilihan bupati dan wakil bupati.

“Bahkan tim KPU Badung juga memiliki group kesenian Bondres ‘Dadong Rerot’ yang telah tampil di Kampung Ruci di Jimbaran,” pungkas Kayun Semara sapaan akrabnya. (hidayat)

Leave a Comment

Your email address will not be published.