Komunitas Pariwisata Gianyar Kibarkan Merah Putih di Perkebunan Ekowisata

Komunitas Pariwisata Gianyar (KPG) yang terdiri dari guide, chef, waiter, PMI dan lainnya, Senin (17/8/2020)  menggelar Apel Hut RI di Arek Perkebunan Ekowisata di Mancawarna, Tampaksiring.

Balinetizen.com, Gianyar-

 

Di tengah Pendemi Covid 19, tidak mengurangi semangat elemen bangsa untuk merayaan HUT RI ke-75 tahun 2020. Demikian halnya Komunitas Pariwisata Gianyar (KPG) yang terdiri dari guide, chef, waiter, PMI dan lainnya, Senin (17/8/2020)  menggelar Apel Hut RI di Arek Perkebunan Ekowisata di Mancawarna, Tampaksiring. Dengan semangat Hut RI ini, mereka bertekad untukkomitemn mempromosikan  Protokol kesehatan “ Clean, Healt, Safety, Environment (CHSE) di Kepariwisata era baru ini.
Tanpa mengurangi pemaknaan, Pelaksanan Apel Hut RI di Areal perkebunan “Pada Wareg Ekowisata”, berjalan kusyuk dan khidmat. Diikuti oleh Ratusan anggota KPG, dihadiri oleh unsur  pimpinan Kecamatan Tampaksiring, Para Prebekel, kelian, bendesa dan lainnya. lanjut itu dirangkai dengan pembukaan Festival Guide Gianyar 2020 yang  dengan beragam kegiatannya. “ Dalam Festival ini, kami menyelenggarakan  Guide kontes, lomba mesatua Bali, gerakan Gianyar Bersih dan lainnya,” ungkap Ketua KPG,  Jro Mangku Kandia.
Diungkapkan, ide penyelenggaraan  Guide Festival Gianyar ini, berawal dari kegundahan mereka sebagai pelaku wisata.  Kemudian para guide dan pekerja wisata lainnya lantas menemui Ketua DPRD Gianyar, I Wayan Tagel Winarta di Kediamnnya di Manca Warna , Tampaksiring. Tujuan awalnya ingin mendapat bantuan sosial sebagai dampk Pandemi Covid 19 ini. namun tenpa dinyana, Ketua DPRD Gianyar sedang menggarap lahnnya untuk areal perkebunan ekowisata. “ Kemudian timbullah ide teman-teman  untuk membentuk KPG dan disepakatai lahir di tempat ini. Syukurnya, Bapak Wayan Tagel Winarta sangat membuka pintu  untuk menfasilitasi hingga Festival Guide  Gianyar ini bisa terselenggara. Hingga saat ini KPG sudah beranggotakan 250 orang,” bangga Kandia yng mantan Ketua DPP HPI pusat ini.
Pemilik, Pada Wareg Ekowisata, I Wayan Tagel Winarta, pun menyatakan apresiasinya atas kegianta yang diselenggarakan oleh KPG ini.  Tagel yang juga Ketua DPRD Gianyar ini menyebutkan, KPG ini adalah aseet Gianyar dalam memajukan keperiwisataan. Karean itu, pihaknya sangat mendukung festival ini, terlebih sangat mendukung program pemerintah. “ Di tengah jeda  aktivitas lantran Pandemi Covid 19 ini, Festival ini dinilai sangat mendukung para peaku pariwisata ini untuk mengasah ketrampilan. Malalaui Guide Kontes salah satunya,  Kegitan ini sangat nagus untuk mengasah  ketrampilan par Guide ini menuju keperiwisata New Normal,” bangganya.
Karena itupula,  dengan fasilitas  yang ada, Tagel  menyampikan kesiapan setiap saat untuk memberikan ruang dan tempat untuk kegiatan Festival  ini, bahkan, diharapkan menjadi festival tahunan dengan segala inovasi ke depannya.  tidak muluk-muluk, potensi wisatawan domestik di tengah   kejenuhan  juga diyakini  memerlukan refreshing. “Golden moment atau peluang emas ini tentunya harus dimanfaatkan betul-betul oleh KPG. Saya yakin akan ada lonjakan di sektor Pariwisata ini. “ Jadi, KPG juga harus aktif  berpromosi dengan menggunakan kekuatan media sosial. “Media sosial adalah sarana gratis, mudah dan paling efektif disituasi saat ini serta bisa dilakukan dimana saja,” yakinnya mengakhiri.

 

Baca Juga :
Bentuk Karakter Patriotisme, PPM Buleleng Gelar Pradiksar Bela Negara

Pewarta : Ketut catur
Editor : Mahatma Tantra

Leave a Comment

Your email address will not be published.