Covid-19 di Jembrana, 18 Orang Dinyatakan Sembuh

Pemulangan 15 pasien sembuh di Hotel Jimbarwana dilakukan Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Jembrana, dr I Gusti Agung Putu Arisantha di halaman Hotel Jimbarwana.

Balinetizen.com, Jembrana-

 

Sebanyak 18 pasien terkonfirmasi Covid-19 di Kabupaten Jembrana dinyatakan sembuh. Pemulangan 18 pasien sembuh ini dilakukan di dua lokasi berbeda yakni di Hotel Jimbarwana dan RSU Negara, Selasa (1/9).

Pasalnya, dari 18 pasien yang dinyatakan sembuh ini, 15 orang sebelumnya dirawat di Hotel Jimbarwana dan 3 orang dirawat di ruang isolasi RSU Negara.

Pemulangan 15 pasien sembuh di Hotel Jimbarwana dilakukan Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Jembrana, dr I Gusti Agung Putu Arisantha di halaman Hotel Jimbarwana.

Sedangkan pemulangan tiga (3) pasien sembuh di RSU Negara dilakukan oleh Kabid Pelayanan Medis RSU Negara, dr I Gede Ambara Putra.

Menurut Arisantha yang juga Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit pada Dinas Kesehatan Jembrana, dari 15 pasien sembuh di Hotel Jimbarwana, tiga orang lainnya bukan warga Jembrana.

Dari ketiga pasien yang sembuh ini lanjutnya, dua orang berprofesi sebagai auditor. Sedangkan yang satunya lagi merupakan keluarga dari salah satu auditor tersebut.

“Mereka semuanya sudah sembuh karena dari perawatan dan pemeriksaan dinyatakan tidak terinfeksi Covid-19” kata Arisantha.

Ia menjelaskan sesuai pedoman pencegahan dan pengendalian Covid-19 pada revisi kelima yang diterbitkan Kementerian Kesehatan, bagi pasien Covid-19 tanpa bergejala bisa dilakukan perawatan dan isolasi di rumah. Namun tetap dibawah pengawasan tim medis.

Dari KMK itu kata dia, jelas warga terkonfirmasi positif bisa dirawat di rumah. Tapi pihak Gugus Tugas Jembrana mengambil opsi karantina terpusat denga memilih di hotel.

“Kendati menjalani isolasi di hotel, penanganan pasien tetap dilakukan. Seperti pemberoan terapi, obat antiviral dan multivitamin” terangnya.

Dengan kesembuhan 15 pasien tadi sambung Arisantha, sebanyak 8 orang pasien terkonfirmasi Covid-19 masih menjalani perawatan di Hotel Jimbarwana. Sedangkan pasien yang menjalani isolasi mandiri di rumah masing-masing sekitar 20 orang.

Baca Juga :
Ketua Dekranasda Bali Apresiasi BI Turut Kembangkan Potensi Bunga Kasna

Pasian ini nantinya juga akan dipindahkan ke RSU Negara sehingga mendapatkan perawatan lebih maksimal. Karena RSU Negara kini sudah memiliki 42 ruang isolasi.

“Dengan tambahan kapasitas bed dan beberapa pasien yang sudah dipulangkan karena sembuh, nantinya semua pasien bisa tertampung di RSU Negara. Kami sudah berkordinasi dengan puskesmas-puskesmas engingat pasien tersebar dibeberapa wilayah” jelas Arisantha .

Sementara tiga pasien sembuh du RSU Negara masing-masing pasien perempuan berusia 46 tahun dari Desa Tegal Badeng Barat dan perempuan 47 tahun dari Desa Ekasari Melaya serta pasien pria berusia 31 tahun asal Desa Manistutu.

RRSU Negara masih merawat 18 pasien positif. Sedangkan jumlah kumulatif pasien positif Covid-19 sebanyak 145 orang dan dari jumlah itu sebanyak 97 orang dinyatakan sembuh dan dua orang meninggal dunia. (Komang Tole)

 

Editor : SUT

Leave a Comment

Your email address will not be published.