Bupati Artha Target Vaksinasi Nakes Tahap I Tuntas 4 Pebruari

Bupati Jembrana I Putu Artha,  memantau pelaksanaan vaksinasi Covid-19 bagi tenaga medis di Puskesmas I Jembrana pada Selasa ( 2/2).

 

Balinetizen.com, Jembrana-

 

Bupati Jembrana I Putu Artha menargetkan vaksinasi Covid-19 bagi para tenaga kesehatan di Jembrana bisa tuntas hingga 4 Pebruari 2020. Target itu untuk vaksinasi tahap I diharapkan tuntas bertepatan dengan gebyar vaksinasi nasional. Sesudahnya , akan dilanjutkan dengan vaksinasi tahap kedua 13 Pebruari nanti yang menyasar masyarakat serta ASN dan TNI/Polri.

Hal itu dikatakan Bupati Artha usai memantau pelaksanaan vaksinasi Covid-19 bagi tenaga medis di Puskesmas I Jembrana pada Selasa ( 2/2).
“ Kita targetkan seluruh tenaga medis bisa tuntas diberikan vaksin 4 Pebruari ini. Karena itu saya pantau pelaksanaannya dipuskesmas sekaligus mengetahui sejauh mana hambatan dilapangan . Ini berlaku bagi semua SDM yang bekerja di fasilitas medis bisa divaksin. Terkecuali mereka yang tidak lolos screening kesehatan , “ ujarnya.

Dari jumlah tenaga medis yang terdata sebanyak 1765 , Ia optimis target itu bisa tercapai. Setelah tenaga medis selesai, Bupati Artha langsung membidik kelompok masyarakat lainnya bisa segera divaksin.
“ Kita lihat dimasing-masing puskesmas rata-rata dalam sehari mereka mampu layani vaksin 50 orang . Pada hari kedua saja sudah tercapai sejumlah 51,2 %. Untuk sisanya akan kita tuntaskan, “ sambungnya.

Dari pantauannya di Puskesmas I , Ia melihat proses screening memakan waktu paling lama . Tiap nakes yang diakan divaksin diwajibkan memenuhi 16 syarat administrasi. Sebelumnya diawali dengan tes kesehatan seperti pengukuran tensi dan suhu tubuh.
Di Puskesmas I Jembrana sendiri memiliki 240 orang target vaksin. Hingga hari ketiga pelaksanaan vaksin yang sedang berlangsung sudah tercapai 125 nakes. Saat kedatangan Artha ke puskesmas I Jembrana , sedang dilayani sejumlah tenaga medis dari RS Swasta Bali Med.
“ Pantauan saya tahap awal pelaksaann vaksinasi berjalan lancar. Tidak ada penolakan , hanya yang tidak lolos screening kesehatan . Pelayanan juga bagus bahkan sampai melebihi jam kerja pelayanan , “ kata Artha.

Baca Juga :
Seoul: AS, Korsel Bersiap untuk Latihan Militer Gabungan

Disisi lain Kepala Dinas Kesehatan Jembrana dr I Gusti Bagus Ketut Oka Parwatha mengatakan vaksinasi di Jembrana sudah memasuki hari ketiga. Pelaksanaannya dipusatkan di 12 fasilitas pelayanan kesehatan , meliputi 10 puskesmas , 1 RSU dan pelayanan dan klinik kesehatan Polres . “ Hari ketiga ini kita berharap sudah tuntas 75 persen. Sesuai target pak Bupati seluruhnya ( nakes ) tuntas tanggal 4 Pebruari nanti. Sedangkan pada tahap kedua bisa selesai 14 Pebruari nanti , kurang dari yang ditargetkan Provinsi Bali pada 21 Pebruari , “ papar Parwata.

Parwata menambahkan dari jumlah Nakes yang terdaftar ada yang tidak lolos screening kesehatan .
“ Kemarin di RSU ada tiga yang tidak lolos . Sementara di Puskesmas Jembrana I hari ini ada enam orang yang tidak lolos. Kita berharap mereka bisa disertakan dalam vaksinasi susulan nanti . Jadi kita tunda dulu bagi yang tidak lolos, “ ujarnya.
Dari data hari kedua kemarin, sudah tervaksin sejumlah 912 orang tenaga medis atau 51,2 persen.

 

Sumber : Humas Pemkab Jembrana

Leave a Comment

Your email address will not be published.