Ketahui Cara Membuat NFT Crypto Di Sini

Balinetizen.com, Denpasar

NFT merupakan singkatan dari non-fungible token. Sekarang ini sudah mulai dilirik generasi milenial sehingga cara membuat NFT crypto cukup penting untuk dipahami. Nah, jika Anda masih awam dengan pembuatan NFT, Anda bisa menyimak ulasan detailnya disini.

Apa Itu NFT?

NFT adalah tren jual beli karya seni yang dilakukan secara online atau digital. Mulai populer dan banyak dilakukan masyarakat di tahun 2020 hingga sekarang.  Karya seni yang diperjualbelikan berupa lukisan, mozaik, item sebuah game, serta banyak karya seni jenis lain yang bisa dikoleksi dan memiliki nilai. Hanya saja saat membeli sebuah lukisan, maka yang diterima bukan secara fisik berupa kanvas dan cat minyak, melainkan lukisan digital.

NFT ini lebih umum menggunakan mata uang kripto dalam transaksinya. Untuk nilainya sendiri, harganya dilihat dan ditentukan pasar serta jumlah permintaan. Karya yang diperjualbelikan dibuat, digunakan, serta dibeli dan dijual sama dengan cetakan seni yang asli. Hanya saja dalam.NFT karya seni tersebut hanya berupa salinan, namun tetap menjadi bagian blockchain yang valid dengan nilai yang tak sama dengan aslinya.

Cara Membuat NFT

Ada beberapa platform yang bisa Anda gunakan untuk membuat NFT. Contohnya seperti Rarible, SuperRare, OpenSea. Platform paling umum dan populer untuk NFT adalah OpenSea, salah satu pasar NFT yang paling terkenal saat ini. Perhatikan langkah-langkah membuat NFT di OpenSea berikut ini:

1. Siapkan Dompet Digital

Pertama, Anda perlu menyiapkan atau membuat sebuah dompet digital yang nantinya digunakan untuk menyimpan NFT dan uang digital atau aset kripto. Pada OpenSea, MateMask adalah dompet digital yang disarankan untuk Anda pilih sebagai dompet digital. OpenSea pun menyediakan ekstensi dompet MetaMask untuk Chrome maupun Firefox.

Baca Juga :
Cegah Hal Hal Yang Tidak Diinginkan, Satpol PP Kota Denpasar Amankan ODGJ Di Padangsambian Klod

2. Buka OpenSea

Setelah dompet digital sudah ada dan tersedia, selanjutnya Anda harus membuka OpenSea. Jika sudah masuk pada halaman utama, arahkan kursor pada ikon profil di sebelah kanan atas dan pilih My Profile atau Profil Saya.

3. Buat Akun OpenSea

Setelah masuk pada halaman My Profile, klik Sign in. Jika belum memiliki akun, Anda cukup mengikuti arahan atau petunjuk yang ada pada layar PC agar bisa membuat dan menyiapkan akun OpenSea.

4. Akses Halaman Akun OpenSea

Jika sudah berhasil membuat akun, Anda selanjutnya perlu membuka halaman akun dengan mengarahkan kursor ke arah kanan atas dan pilih My Collections. Nanti Anda akan diminta untuk menyambungkan dompet digital dengan OpenSea.

5. Setup Halaman My Collections

Setup atau atur halaman My Collections jika dompet digital sudah tersambung dengan OpenSea. Halaman My Collections ini nanti menjadi sarana menjual karya seni. Caranya, klik Create New Collection, klik create dan masukkan detail setiap koleksi yang Anda miliki.

6. Menambahkan Karya Baru

Jika koleksi sudah selesai dicantumkan detailnya, selanjutnya langsung klik Add New Item. Nanti akan ada arahan untuk mengupload metadata seperti video, gambar, dan audio. Jika sudah, berikan nama untuk NFT Anda.

7. Klik Create

Saat semua langkah sudah selesai, selanjutnya silahkan klik Create sebagai penutup. Artinya langkah ini merupakan cara membuat NFT Crypto terakhir dimana seni digital NFT Anda sudah siap. Anda sudah bisa mendaftarkan koleksi yang ada dalam video atau foto agar bisa dijual di OpenSea.

Nah itulah cara membuat NFT Crypto yang bisa Anda lakukan. Bagaimana apakah Anda tertarik untuk berinvestasi dengan aset kripto? Jika tertarik, Anda bisa memulai investasi dengan modal yang kecil, yaitu Rp.50.000 saja lho. Anda bisa berinvestasi melalui TokoMall. Kehadiran TokoMall diharapkan bisa menjadi wadah bagi kreator lokal Indonesia di berbagai kategori untuk memamerkan karyanya di NFT marketplace.

Baca Juga :
Tahun 2022, Akan Diganti Traffic Light Disimpang PP Dan di Seririt Serta Pengisian Rambu Lalulintas

Leave a Comment

Your email address will not be published.