Sekda Adi Arnawa Hadiri Karya Melaspas Tapakan di Pura Dalem Sari Banjar Adat Kuwum

Sekda Badung Wayan Adi Arnawa menghadiri Upacara Melaspas Tapakan Ida Ratu Gede Mas Ayu dan Ida Ratu Rarung di Pura Dalem Sari, Banjar Adat Kuwum, Selasa (16/11). 

 

Balinetizen.com, Mangupura-

Sekretaris Daerah Kabupaten Badung I Wayan Adi Arnawa, Selasa (16/11) menghadiri Upacara Melaspas Tapakan Ida Ratu Gede Mas Ayu dan Ida Ratu Rarung di Pura Dalem Sari, Banjar Adat Kuwum. Karya yang dipuput oleh Ida Pedanda Gede Putra Bajing Saking Gria Tegal Jingga Denpasar ini turut dihadiri oleh Ketua DPRD Badung Putu Parwata, Anggota DPRD Bali Bagus Alit Sucipta, Anggota DPRD Badung Made Yudana, Anggota DPRD Wayan Regep yang juga selaku Bendesa Adat Desa Kuwum, Kadis Kebudayaan I Gde Eka Sudarwitha, Camat Mengwi I Nyoman Suhartana, Perbekel Desa Kuwum Ida Bagus Tirtayasa serta tokoh masyarakat setempat. Pelaksanaan upacara tetap mematuhi protokol kesehatan Covid-19.

Dalam kesempatan tersebut  Sekda Adi Arnawa dalam sembrama wacananya menyampaikan apresiasi dan dukungannya kepada krama pengempon pura telah melaksanakan perbaikan (ngodak) tapakan yang dilanjutkan dengan upacara melaspas dan pasupati. Ini merupakan wujud bhakti krama pengempon, semoga melalui upacara ini Ida Betara Tapakan yang melinggih di Pura Dalem Sari ini senantiasa menganugerahkan keselamatan dan kesejahteraan bagi alam dan semua makhluk hidup. Semoga dengan upacara ini dapat meningkatkan sradha bhakti kita kehadapan Ida Hyang Widhi, serta paiketan pasemetonan krama pengempon juga tetap terjaga dengan baik. Lebih lanjut Adi Arnawa juga mengingatkan kepada krama agar tetap mentaati prokes. “Saya tidak akan bosan dan henti-hentinya untuk mengingatkan kepada seluruh warga dalam melaksanakan kegiatan keagamaan maupun kegiatan sehari-hari untuk selalu mentaati protokol kesehatan guna menghindari penyebaran virus Covid-19,”harapnya.

Sebagai wujud bhakti dan motivasi Pemkab Badung, Sekda Adi Arnawa menyerahkan bantuan dana secara simbolis sebesar Rp100 Juta, Ketua DPRD Putu Parwata Rp 5 Juta, Anggota DPRD Bali Bagus Alit Sucipta Rp 5 Juta dan Anggota DPRD Made Yudana Rp 1 Juta.

Baca Juga :
Sekda IB Alit Wiradana Buka Gempita Karmany Smansa XXI Tahun 2022 di Lapangan Niti Mandala Renon

Sementara Bendesa Adat Kuwum Wayan Regep yang juga sebagai anggota DPRD Badung menyampaikan terimakasih kepada Bupati Badung yang dalam kesempatan ini diwakili Sekda Badung I Wayan Adi Arnawa atas kehadirannya sebagai upasaksi dalam karya melaspas dan pasupati tapakan di Pura Dalem Sari ini. Pihaknya menyebutkan rangkaian proses pengodakan Ida Sesuhunan ini sudah dilaksanakan sejak 5 bulan yang lalu, dan hari ini akan dilaksanakan melaspas, pasupati dan ngerehan.

“Saya sangat bersyukur karya ini bisa dilaksanakan dengan baik yang tidak terlepas dari semangat persatuan warga dan dukungan Pemerintah serta berharap rangkaian karya berjalan dengan lancar labda karya sida sidaning don,”ucapnya.

Sumber : Humas Pemkab Badung

Leave a Comment

Your email address will not be published.