Wabup Ipat Dorong Digitalisasi Pelayanan Desa

Balinetizen.com, Jembrana-

Wakil Bupati Jembrana I Gede Ngurah Patriana Krisna (Ipat) mendorong seluruh pemerintah desa/kelurahan di Jembrana mewujudkan pelayanan desa berbasis digital.

 

Dorongan itu pun sejalan dengan kebijakan pemerintah pusat dan daerah makin gencar mewujudkan digitalisasi pelayanan publik yang transparan, cepat, dan efektif.
Hal tersebut disampaikan Wabup Ipat usai mendampingi para sekretaris desa (Sekdes) se-Kabupaten Jembrana serangka studi tiru terkait standar pelayanan minimal desa berbasis digital ke Desa Banyubiru, Kecamatan Banyubiru, Semarang, Jawa Tengah, Senin (7/3). Hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Semarang Moh Edy Sukarno dan Kabid Pemerintahan Desa dan Kelurahan pada Dinas PMD Jembrana Sadikin.

“Kita telah melihat bersama apa yang diterapkan di Desa Banyubiru ini sudah sangat bagus. Berbagai macam pelayanan dilakukan secara digital. Saya mendorong hal-hal seperti ini bisa diwujudkan di Jembrana. Selain mempermudah masyarakat dalam mengakses layanan, juga prosesnya dieksekusi dengan cepat dan efektif karena semua sudah serba online,” ucap Wabup Ipat yang putra sulung mantan Bupati Jembrana I Gede Winasa ini.

Wabup Ipat menambahkan, apa yang didapat dari studi tiru ke Banyubiru, Semarang ini, menjadi bekal ilmu luar biasa bagi para sekdes se-Jembrana. Digitalisasi pelayanan desa yang diterapkan ini menjadi bagian penting dan sejalan dengan program Pemkab Jembrana.

Jelasnya, di Jembrana terdapat berbagai langkah inovasi yang telah diwujudkan. Di antaranya, Jembrana satu data berbasis SDGs (sustainable development goals) atau tujuan pembangunan berkelanjutan. Kemudian bagaimana mewujudkan kemandirian desa dan kebahagiaan masyarakatnya melalui program Desa Mandiri Bahagia, mengembangkan desa wisata dan desa kreatif berbasis digital. ‘’Dengan dukungan digitalisasi pelayanan yang sudah lengkap didalamnya itu, kita yakin program tersebut akan dapat dieksekusi dengan sukses,” ujar Wabup Ipat.

Baca Juga :
Pembangunan Jalan Baru Batas Kota Singaraja-Mengwitani Dipastikan Sampai Titik 12

Kepala Desa (Kades) Banyubiru Sri Anggoro Siswaji menyampaikan ucapan terima kasih kepada Wakil Bupati Jembrana serta rombongan sekdes se-Kabupaten Jembrana yang telah hadir di Desa Banyubiru ini. Melalui kunjung ini, menjadi kesempatan sharing berbagai program-program di Jembrana yang nantinya juga bisa diaplikasikan di desanya.

Leave a Comment

Your email address will not be published.