Puluhan Anjing di Mendoyo Dauh Tukad Disterilisasi

 

Balinetizen.com, Jembrana

Puluhan anjing milik warga Desa Mendoyo Dauh Tukad, Kecamatan Mendoyo disterilisasi, Selasa (31/5/2022).

Kegiatan oleh Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Jembrana dengan menggandeng BAWA (Bali Animal Welfare Association) dilaksanakan di Balai Banjar Tengah desa setempat.

Kabid Kesehatan Hewan (Keswan) dan Kesehatan Masyarakat Veteriner (Kesmavet) pada Dinas Pertanian dan Pangan Jembrana, Wayan Widarsa mengatakan sterilisasi akan diadakan selama tiga hari. Dan dimulai hari ini, Selasa (31/5/2022) di Desa Mendoyo Dauh Tukad.

Selanjutnya, Rabu (1/6/2022) kegiatan akan dilaksanakan di Desa Pergung, Kecamatan Mendoyo dan hari Kamis (2/6/2022) di Desa Gumbrih, Kecamatan Pekutatan.

Selain sterilisasi pihaknya juga melakukan vaksinasi rabies. Dan hari ini (Selasa, 31 Mei 2022) ada 42 anjing yang sudah divaksin rabies.

“Untuk sterilisasi total ada 41 ekor. Kastrasi untuk anjing jantan ada 22 ekor dan OH (Ovariohisterectomy) untuk anjing betina ada 19 ekor” jelasnya.

Kegiatan menurutnya bersama BAWA, organisasi penyayang binatang sebagai antisipasi merebaknya kasus rabies dan populasi anjing di Jembrana. “Yang diutamakan anjing yang dilepasliarkan” ujarnya. (Komang Tole)

Baca Juga :
Tiga Kebakaran Terjadi di Manis Galungan, Toko Sembako di Pendem Ludes Terbakar

Leave a Comment

Your email address will not be published.