Upacara Metatah Massal, Dari segi Ekonomi Lebih Hemat Terkait Biaya dan Waktu

 

Balinetizen.com, Badung

Metatah merupakan upacara pemotongan gigi seri empat ditambah taring lagi dua sehingga menjadi enam. Adapun tujuan upacara metatah untuk mengendalikan sad ripu. Bagi anak-anak secara biologis dan psikologis sedang menuju ke arah Guna dan Dharma. Yang dimaksud dengan Guna dan Dharma menjadi orang dewasa mampu bertanggung jawab dan mandiri.

Sedangkan secara psikologis merupakan penyucian diri melalui pemotongan empat gigi seri ditambah dua gigi taring untuk mengendalikan sad ripu.

Hal tersebut dikemukakan oleh Ida Pandita Mpu Siwa Lingga Widya Parama Santika ketika diwawancarai di Griya Agung Pasek Giri Kusuma Jati Banjar Bukian, Desa Pelaga, Kecamatan Petang, Badung, Senin 21 Juni 2022.

Menurutnya, Upacara metatah yang digelar secara massal dan metatah sendiri dirumah jelas ada perbedaan dan persamaan. Kalau persamaannya yaitu sama-sama menyelesaikan upacara metatah dengan makna yang sama, tujuannya sama telah melaksanakan upacara sebagai penyucian diri. Perbedaannya upacara bisa digelar bersama-sama di satu tempat dari berbagai orang berkumpul, upacara dilaksanakan bersama-sama tanpa mengurangi makna upacara metatah.

Dari segi ekonomi dan waktu bisa digelar lebih simple dan waktu lebih singkat. Dari segi ekonomi jelas, diselenggarakan dirumah akan lebih banyak menghabiskan biaya dan waktu dari pelaksanaan upacara.

Upacara metatah hendaknya supaya dilaksanakan oleh umat Hindu sesuai batas waktu anak-anak yang patut ditatah. Supaya tidak ada terjadi sudah tua dan memiliki anak tidak melaksanakan upacara metatah. Terlebih lagi ada yang sampai meninggal belum metatah.

“Mungkin disebabkan karena tidak memahami dari makna upacara metatah. Pada saat fase metatah tidak dilaksanakan karena situasi dan kondisi” tegas Ida Mpu.

Untuk meringankan beban umat Hindu dari segi biaya tanpa mengurangi makna metatah, Griya Agung Pasek Giri Kusuma Jati akan mengadakan upacara metatah massal pada Jumat 29 Juli 2022.

Baca Juga :
Bupati Suwirta Lantik 11 Pejabat Lingkungan Pemkab Klungkung

Apabila umat Hindu ingin mengikuti upacara metatah masal bisa mendaftar langsung ke Griya Agung Pasek Giri Kusuma Jati di Banjar Bukian, Pelaga, Petang, Badung mulai tanggal 22 Juni sampai dengan 23 Juli 2022. (HD)

Leave a Comment

Your email address will not be published.