Tunjukkan Bukti Nyata, Kembali Bupati dan Wakil Bupati Bangli Serahkan Banten Upasaksi Pengabenan Massal

 

Balinetizen.com, Bangli 

Sudah merupakan tujuan awal sebelum menjabat, ingin meringankan beban masyarakat Kabupaten Bangli terkait pelaksanaan upacara adat, Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta bersama Wakil Bupati (Wabup) Bangli I Wayan Diar Senin, (8/8) kembali hadir dan menyerahkan bantuan banten Upasaksi Pengabenan di beberapa lokasi Desa Adat di Kabupaten Bangli yang sedang melaksanakan Upacara Pitra Yadnnya (Ngaben massal).

Bupati Sedana Arta dalam kesempatan tersebut menyampaikan, semua yang dilakukan bersama jajarannya ini merupakan wujud keperdulian terhadap masyarakat sesuai program Pemerintah Kabupaten Bangli guna meringankan beban masyarakat terkait upacara pengabenan, berupa Bantuan Banten Upasaksi Pengabenan sebesar 1 juta rupiah kepada masing-masing sawa dalam pelaksanaan upacara ngaben masal.

“Semoga dengan program Ngaben massal ini, diharapkan dapat memberi dampak positif ditengah perkembangan teknologi yang kian melaju pesat, sehingga akan terjalin hubungan kekerabatan yang lebih erat, kegotongroyongan semakin kuat dan kekerabatan semakin kental,” ujarnya.

“Apa yang diberikan dari pemerintah memang tidak sebanding dengan pengorbanan masyarakat dalam beryadnya, akan tetapi bantuan ini diharapkan dapat meringankan sedikit beban masyarakat dan dipergunakan seoptimal mungkin untuk kelancaran upacara, semoga yang diupacarai hari ini mendapatkan tempat yang layak sesuai karmanya masing-masing,” tutur Bupati Sedana Arta.

Adapun beberapa Desa Adat kali ini yang menerima bantuan Banten Upasaksi Pengabenan berdasarkan jumlah sawa dengan perhitungan masing masing sawa sebesar 1 juta rupiah, diantaranya Desa Adat Desa adat Bunutin Kintamani sebesar 39 juta rupiah, Desa Langgahan Kintamani 20 juta rupiah, Desa Adat Manikliyu 66 juta rupiah, dan Desa adat sekardadi sebesar 26 juta rupiah.

Turut hadir ditengah-tengah masyarakat yang melaksanakan upacara Ngaben masal saat itu Nyonya Sariasih Sedana Arta, Ny. Suci Diar, Sekda Kab. Bangli Ida bagus Gde Giri Putra, Anggota DPRD Kab. Bangli, Pimpinan OPD di lingkungan Pemkab. Bangli dan Camat se-Sebangli

Baca Juga :
Di Balik Penolakan Hare Krisna, Utamakan Berdialog

kehadiran Bupati dan Wakil Bupati Bangli dalam upacara ngaben massal tersebut disambut antusias oleh tokoh dan masyarakat setempat. Beberapa perwakilan dari masyarakat yang menerima bantuan mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Bangli dalam kepemimpinan Bupati Sang Nyoman Sedana Arta dan Wakil Bupati I Wayan Diar telah melaksanakan beberapa terobosan program yang memang benar-benar berpihak kepada kepentingan masyarakat umum, salah satunya dalam bentuk bantuan upacara ngaben massal.

Semoga program ini bisa berkelanjutan sehingga dapat meringankan beban masyarakat yang melaksanakan upacara adat dan keagamaan serta dalam rangka mempertahankan adat, kebudayaan dan kearifan lokal sesuai dengan visi Nangun Sat Kerthi Loka Bali di Kabupaten Bangli menuju Bangli Era Baru. (RED-BN)

Leave a Comment

Your email address will not be published.