Dinahkodai Dayu Candrawati, Kepengurusan Federasi Hockey Indonesia Bali Dilantik, Populerkan Hockey dari Sekolah hingga Raih Prestasi Internasional

Foto: Pelantikan Kepengurusan Federasi Hockey Indonesia Provinsi Bali Minggu 29 Januari 2023 di Wistara Family Cafe, Denpasar.

Balinetizen.com, Denpasar

Masa depan olahraga hockey di Bali tampaknya akan semakin cerah. Pasalnya kepengurusan Federasi Hockey Indonesia (FHI) Provinsi Bali telah terbentuk dan kini resmi dilantik pada Minggu 29 Januari 2023 di Wistara Family Cafe, Denpasar.

Ida Ayu Candrawati, tokoh perempuan Bali yang juga Anggota DPRD Kabupaten Tabanan dipercaya sebagai Ketua Umum Federasi Hockey Indonesia Provinsi Bali dan berkomitmen penuh siap mengembangkan, mempopulerkan serta memajukan prestasi olahraga hockey di Pulau Dewata.

Kepengurusan Federasi Hockey Indonesia Provinsi Bali periode 2022-2026 ini dilantik langsung oleh Ketua Umum Pengurus Pusat Federasi Hockey Indonesia Mayjen TNI Budi Sulistijono disaksikan Sekjen Pengurus Pusat Federasi Hockey Indonesia Yasser Arafat Suaidy serta jajaran pengurus. Hadir pula Asisten I Setda Pemerintah Provinsi Bali I Gede Indra Dewa Putra, perwakilan KONI Bali, para pengurus Pengkab dan juga para pelatih serta atlet hockey se-Bali.

Ketua Umum Federasi Hockey Indonesia Provinsi Bali Ida Ayu Candrawati mengungkapkan Federasi Hockey Bali telah terbentuk pada 29 November 2022 namun baru dilantik 29 Januari 2023. Setelah kepengurusan dilantik, pihaknya akan memperkenalkan Federasi Hockey Bali ini dan olahraga kepada seluruh lapisan masyarakat serta stakeholder olahraga di Bali.

“Kami akan perkenalkan Federasi Hockey Bali ini dan kembangkan olahraga hockey di Bali karena selama ini belum ada dan belum dikenal. Kami akan populerkan olahraga hockey yang di internasional olahraga hockey ini sudah sangat booming tapi di Bali memang belum ada apa-apanya,” terang tokoh perempuan yang akrab disapa Dayu Candrawati ini.

Saat ditanya mengenai program ke depan, seperti apa pengembangan hockey di Bali dan pembinaan atlet, Dayu Candrawati mengungkapkan pihaknya akan lebih menggencarkan sosialisasi dan pembinaan olahraga hockey ini ke sekolah-sekolah mulai dari SD, SMP, SMA/SMK hingga perguruan tinggi. Upaya itu juga akan dioptimalkan bersama pengurus kabupaten/kota.

Baca Juga :
Badung Raih Penghargaan Ketahanan Pangan Terbaik II Nasional Tahun 2022

“Kita sudah punya Pengcab dan ke depan kami menyasar milenial, siswa sekolah kita bina dan kita sudah punya pelatih handal. Itu yang akan kita gerakkan agar olahraga hockey bisa mencetak lebih banyak atlet berprestasi untuk Bali,” kata tokoh perempuan yang dikenal memang cinta olahraga sejak kecil ini.

Saat ditanya mengenai prestasi olahraga hockey di Bali seperti apa, Dayu Candrawati mengakui memang Bali masih jauh apalagi kalau bicara di level internasional karena memang hockey di Bali belum dikenal luas.

“Kalau di internasional hockey memang sudah dikenal luas cuma di Bali kita belum. Kita baru pembinaan dan belum kita punya prestasi lebih jauh. Makanya pembinaan kita gencarkan dari sekolah,” tegas tokoh perempuan yang juga Ketua DPW Garda Wanita (Garnita) Malahayati NasDem Bali dan bakal caleg DPR RI untuk Bali dari Partai NasDem ini.

Federasi Hockey Indonesia Bali lantas berharap mendapatkan dukungan dari pemerintah provinsi maupun kabupaten/kota di Bali untuk pengembangan olahraga hockey di Pulau Dewata. Koordinasi dan sinergi dengan KONI Bali juga akan terus ditingkatkan.

“Setelah dilantik kami akan sowan, koordinasi dengan pemerintah dan KONI untuk mensupport olahraga hockey di Bali,” pungkas Dayu Candwati yang juga Ketua Fraksi NasDem DPRD Tabanan ini.

Putu Indra Lesmana selaku Pengurus Federasi Hockey Indonesia Bali juga menambahkan bahwa olahraga Hockey di Bali sebenarnya potensinya cukup besar jika melihat popularitas olaharaga hockey di dunia. “Hockey di dunia sangat terkenal sehingga pembentukan Federasi Hockey Bali kami harapkan lebih menggaungkan dan mempopulerkan hockey di Bali,” katanya.

Bahkan menurut Indra, pengembangan olahraga hockey di Bali berpotensi mendukung pariwisata olahraga atau sport tourism. Untuk itu ke depannya Federasi Hockey Bali akan menyelenggarakan event-event yang bertaraf internasional sehingga bisa mendukung pengembangan sport tourism di Bali.

Baca Juga :
Pasca Penangkapan 11 Pelaku Narkoba, Rutan Negara Geledah Blok WBP

“Kami dorong lebih banyak event-event hockey baik skala nasional dan internasional untuk digelar di Bali,” pungkasnya.

Sementara itu Ketua Umum Pengurus Pusat Federasi Hockey Indonesia Mayjen TNI Budi Sulistijono juga mengakui olahraga hockey belum terlalu populer di Indonesia apalagi di Bali. Padahal jika dilihat dalam rangking olahraga di dunia secara internasional, hockey merupakan olahraga favorit dan populer nomor tiga di dunia.

Karena itu pihaknya berharap besar kepada jajaran pengurus Federasi Hockey Indonesia Provinsi Bali yang baru dilantik untuk lebih mempopulerkan olahraga hockey, mencetak lebih banyak atlet dan meraih prestasi.

“Padahal hockey ini olahraga populer nomor tiga di dunia tapi sayang banyak teman-teman di Bali ternyata belum tahu hockey. Makanya sekarang tugas para pengurus yang ada di sini untuk lebih mengenalkan hockey kepada masyarakat,” harapnya.

Diharapkan pengurus Pengprov Hockey Bali bisa menunjukkan kepada dunia bahwa ada olahraga hockey berkembang di Bali dan Bali bisa menggelar tournamen internasional. Budi Sulistijono juga berharap adanya dukungan pemerintah daerah untuk mencapai hal itu. “Karena tanpa dukungan pemerintah memang berat mengembangkan dan meraih prestasi olahraga,” pungkasnya.

Di sisi lain Asisten I Setda Pemerintah Provinsi Bali I Gede Indra Dewa Putra mewakili Pemprov Bali mengucapkan selamat kepada pengurus Federasi Hockey Indonesia Bali yang baru dilantik dan diharapkan membesarkan olahraga hockey di Bali. Pemprov juga menyatakan kesiapan mendukung pengembangan hockey di Bali.

“Pesta belum usai setelah dilantik apa tindak lanjutnya. Konsolidasi langkah ke depan agar siapkan pemain tangguh dan bibit atlet. Selanjutnya perlu lebih dipopulerkan olahraga hockey di Bali karena Bali punya harapan besar untuk hockey dan Bali harus mempersiapkan bibit atlet sehingga kita meraih prestasi di nasional dan internasional,” ungkap Dewa Putra.

Baca Juga :
Bupati Giri Prasta Ikuti Rapat Dengar Pendapat Umum Dengan Anggota Panitia Kerja Komisi XI DPR RI

KONI Bali yang diwakili oleh I Gusti Agung Ngurah Susrama juga menyambut positif dan mengapresiasi terbentuknya kepengurusan hockey di Bali. Diharapkan pengurus baru sudah mulai merancang program dan tetap berpedoman kepada AD/ART organisasi, menguatkan pembinaan dan pengembangan atlet untuk meraih prestasi.

“KONI berharap pengurus bisa menyelenggarakan kejuaraan hockey di Bali seperti Kejurprov sebagai bentuk penghargaan kepada para altet. Bahkan juga bisa ikut Kejurnas untuk meraih prestasi di level nasional sekaligus bahan evaluasi,” harap Susrama. (dan)

Leave a Comment

Your email address will not be published.