Bupati Sanjaya Hadiri Karya Nyatur Desa Cau Belayu

 Balinetizen.com, Tabanan

Semangat krama/masyarakat dalam mewujudkan pembangunan terutama dalam bidang pelestarian tradisi, seni, adat, agama dan budaya yang ada, selalu mendapat apresiasi dan dukungan dari Bupati Tabanan Dr. I Komang Gede Sanjaya, SE, MM. Dimana hal ini merupakan salah satu komitmen pihaknya beserta jajaran dalam rangka mewujudkan pembangunan menyeluruh menuju Tabanan Era Baru yang Aman, Unggul dan Madani (AUM).

Bahkan, sejak menjabat Wakil Bupati Tabanan hingga sebagai Bupati selama 2,5 Tahun ini, Sanjaya selalu konsisten turun ke masyarakat dalam setiap pembangunan yang dilakukan. Seperti halnya kali ini, bersama anggota Komisi IV DPR RI, salah satu anggota DPRD Tabanan, Sekda, Asisten II dan Kepala OPD terkait, menghadiri Upacara Dewa Yadnya Karya Nyatur di Pura Dalem Prajapati, Banjar Adat Padangaling, Desa Cau Belayu, Kecamatan Marga, Selasa, (15/8), siang.

Nampak kehadiran Bupati beserta pihak legislatif dan jajaran, disambut antusias oleh krama Banjar Adat Padang Aling, Cau Belayu. Nampak juga saat itu, Camat dan unsur Forkopimcam Marga, Perbekel, Bendesa Adat, Manggala Karya dan tokoh masyarakat setempat. Dimana dalam setiap turun ke masyarakat, Orang nomor satu di Tabanan selalu beserta jajaran dan pihak legislatif dengan harapan agar melihat langsung segala permasalahan di masyarakat, sehingga dengan cepat bisa tertangani dengan baik.

“Sungguh berbahagia sekali tiang bisa hadir Ngupasaksi Karya Nyatur yang dilaksanakan krama tiang, semeton tiang disini di Padang Aling, dimana sudah tercantum dalam perarem Adat. Jadi, disini tugas Bendesa dan seluruh krama tetap menjaga dan melestarikan tradisi, seni, adat, agama dan budaya yang ada. Ini bagus sekali, karena apa yang dilakukan krama merupakan implementasi dari visi misi Gubernur dan tiang di Pemerintah Kabupaten Tabanan,” ujar Bupati Sanjaya.

Baca Juga :
BPH Migas bongkar modus penyalahgunaan BBM subsidi

Hal inilah yang selalu diharapkan pihaknya, dimana merupakan cerminan dalam mewujudkan visi Pemkab Tabanan, yakni Nangun Sat Kerthi Loka Bali melalui Pola Pembangunan Semesta Berencana menuju Tabanan Era Baru yang Aman, Unggul dan Madani yang linier dengan visi Gubernur Bali. Visi ini berbasis nilai-nilai kearifan lokal Sad Kerthi, yaitu Atma Kerthi, Segara Kerthi, Danu Kerthi, Wana Kerthi, Jana Kerthi serta Jagat Kerthi yang meliputi 5 (lima) bidang prioritas, yang mana Karya ini mencerminkan pencapaian dalam bidang tradisi, seni, adat, agama dan budaya.

“Tabanan ini bisa Aman, Tabanan ini bisa Unggul, dan Tabanan ini bisa Madani atau Sejahtera, asal pemerintah sudah menjalankan 5 skala prioritas tersebut yang merupakan fundamental pembangunan di Tabanan. Nangun Sat Kerthi Loka Bali, salah satu sudah dijalankan krama disini berupa upacara Dewa Yadnya Karya Nyatur di Pura Dalem setempat. Bhakti ini harus tetap dilakukan, begitu juga semangat gotong-royong dalam menjaga dan melestarikan warisan adiluhung leluhur, sehingga bisa dinikmati oleh generasi kita kedepan,” pinta politisi asal Dauh Pala Tabanan itu.

Senada dengan Bupati Sanjaya, I Ketut Dirka selaku Manggala Karya mewakili seluruh krama, menyampaikan sangat bangga bisa menjaga serta turut berkontribusi melestarikan warisan leluhur yang ada. Begitupun juga pihaknya mengaku dalam menyongsong Karya ini, seluruh krama secara tulus ikhlas serta penuh semangat gotong-royong. Pihaknya berharap, Bupati beserta jajaran dan pihak legislatif selalu membantu pembangunan yang dilakukan pihaknya.

Sumber : Humas Tabanan

Leave a Comment

Your email address will not be published.