Tim Gabungan Geledah Blok Hunian WBP Rutan Kelas IIB Negara

Balinetizen.com, Jembrana-
Satu persatu blok hunian warga binaan pemasyarakatan (WBP) Kelas IIB Negara di Kelurahan Baler Bale Agung, Kecamatan Negara, Kabupaten Jembrana, Bali digeledah aparat gabungan, Selasa (14/11/2023).
Penggeledahan melibatkan petugas Rutan Kelas IIB Negara, Aparat Penegak Hukum (APH), Kesbangpol Jembrana dan Kanwil Kemenhumham Bali dilakukan secara detail dan menyeluruh ke setiap titik serta sudut ruangan.
Kegiatan tang dimulai dari pukul 09.00 berhasil mengamankan senjata tajam berupa pisau kecil dan alat cukur. Selain itu juga diamankan kartu remi dan barang pecah belah, sendok besi, sikat gigi yang bisa berpotensi disalahgunakan menjadi senjata.
“Barang-barang yang kita temukan selanjutnya dimusnahkan. Sedangkan warga binaan sebagai pemilik akan kita tindak lanjuti,” ujar Kepala Rutan Kelas IIB Negara, Lilik Subagiyono, Selasa (14/11/2023).
Kegiatan tersebut menurutnya, langkah progresif dalam mewujudkan Rutan Kelas IIB Negara yang zero Halinar (Handphone, Pungutan liar dan Narkoba). “Kegiatan ini rutin kita adakan setiap 1 atau 2 bulan. Idealnya memang 3 bulan sekali dengan mengerahkan tim gabungan,” terangnya.
Pihaknya juga melakukan penggeledahan mendadak yang sifatnya insidentil, selain rutin 8 kali setiap bulannya. Tujuannya sebagai langkah deteksi dini mencegah terjadinya gangguan keamanan di dalam Rutan.
Kegiatan dilanjutkan dengan tes urine terhadap 97 WBP. Dan hasilnya semuanya negatif. “Dari hasil penggeledahan tadi kami tidak menemukan barang terlarang narkoba,” imbuhnya.
Menurutnya, Rutan Kelas IIB Negara dalam kondisi overload dari kapasitas ideal 71 orang WBP. “Sampai saat ini jumlah hunian 199 orang termasuk tahanan yang dititipkan di luar Jembrana,” ungkapnya.
Pihaknya berencana memperluas blok hunian dan ada dua target yang akan dijadikan blok. “Kita akan bekerjasama dengan CSR dari BRI untuk merubah fungsi dari ruang banker menjadi ruang hunian,” pungkasnya. (Komang Tole)
Baca Juga :
Wabup Kembang Pantau PMI Jalani Test Swab

Leave a Comment

Your email address will not be published.