Kapolda Bali Pantau Kesiapan Arus Mudik di Gilimanuk, Polda Bali Siapkan 2000 Personil

Balinetizen.com, Jembrana
Kapolda Bali Irjen Pol. Ida Bagus Kade Putra Narendra, Rabu (3/4/2024) melakukan pemantauan kesiapan arus mudik Lebaran 2024 di Pelabuhan Gilimanuk, Kabupaten Jembrana, Bali. Polda Bali menerjunkan 2000 personil untuk melakukan pengamanan arus mudik di seluruh Bali.
Kapolda Bali Irjen Pol. Ida Bagus Kade Putra Narendra mengatakan, sebagai antisipasi pihaknya telah menyiapkan skema-skema untuk mengurai antrian. Dengan begitu masyarakat yang akan melakukan mudik bisa sampai di tujuan dengan aman dan nyaman.
Kapolres memprediksi arus mudik Lebaran 2024 akan lebih padat dari tahun lalu. Untuk itu, segala sesuatunya ditingkatkan, baik personil di lapangan dan petugas-petugas lainnya untuk melayani masyarakat dengan humanis.
“Arus mudik tahun ini tentunya lebih padat dari tahun lalu. Untuk itu kita lakukan antisipasi dengan menyiapkan skema-skema sehingga masyarakat bisa mudik dengan aman dan nyaman,” ujar Kapolda Bali di Gilimanuk, Rabu (3/4/2024).
Terkait pengamanan arus mudik di seluruh Bali, Polda Bali telah menyiapkan 2000 personil yang nantinya disiagakan di berbagai titik, seperti di Pelabuhan Padangbai, Pelabuhan Gilimanuk dan Bandara Ngurah Rai.
“Tadi sudah dilaksanakan gelar pasukan. Sebelumnya kami juga sudah melakukan rapat lintas sektoral dengan seluruh stakeholder untuk membagi tugas. Tinggal koordinasi di lapangan dan tentunya sudah mulai operasi,” sebut Kapolda Bali, Narendra.
Disampaikan Kapolda, bahwa Pelabuhan Gilimanuk sudah siap melayani masyarakat yang akan melakukan mudik, terlebih telah tersedianya Pos Pelayanan Terpadu di  Pelabuhan Gilimanuk maupun di Terminal Kargo Gilimanuk.
Polres Jembrana, kata Kapolda Bali juga telah menyiapkan skema-skema untuk mengurai kepadatan. Termasuk menggunakan beberapa jalan gang untuk menuju pelabuhan dan telah menyiapkan enam kantong parkir. “Jadi sudah siap. Kami berharap semua berjalan lancar,” imbuhnya.
Dikesempatan itu, Kapolda Bali mengingatkan masyarakat untuk selalu berhati-hati dan mematuhi peraturan lalu lintas selama perjalanan mudik.”Kami harapkan masyarakat selalu berhati-hati dan mematuhi peraturan lalu lintas selama perjalanan mudik. Utamakan keselamatan diri dan keluarga,” himbau Kapolda.
Sementara, General Manager PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Ketapang, Syamsudin menyampaikan agar masyarakat yang akan melaksanakan perjalanan mudik dapat membeli tiket penyeberangan secara online. Sehingga proses penyeberangan di Pelabuhan Gilimanuk bisa dipercepat.
“Kami imbau masyarakat yang akan mudik melalui Pelabuhan Gilimanuk bisa membeli tiket secara online. Karena ini dapat memperlancar proses penyeberangan,” ujarnya. (Komang Tole)
Baca Juga :
Demplot Eco-Farming, Langkah Strategis Peningkatan Produksi Pertanian di Buleleng

Leave a Comment

Your email address will not be published.