Sablon Daun Karya Anak SD Terkendala Bahan

 

Balinetizen.com, Jembrana

Hasil karya siswa sekolah dasar (SD) Negeri 4 Pendem, Kelurahan Pendem, Kecamatan Jembrana berupa sablon dari daun menjadi perhatian pengunjung pameran dalam rangka Hari Pendidikan Nasional 2024.

Dipusatkan di GOR Kresna Jvara, Jembrana, ratusan hasil karya siswa SD dan SMP se-Kabupaten Jembrana berupa lukisan, patung dan kerajinan tangan termasuk dari barang bekas dipajang saat pameran, Rabu (8/5/2024).

I Putu Adi Astawa Sesayana Putra, siswa SD Negeri 4 Pendem mengatakan sablon hasil karyanya bersama teman-temannya tidak menggunakan pewarna buatan, namun murni dari daun.

Sablon menggunakan daun menurutnya, tidaklah terlalu sulit. Langkah pertama menyediakan daun yang akan digunakan, namun bukan daun kering. Kemudian plastik dan palu serta media yang akan disablon seperti kain, baju kaos, tas anyaman atau dari bahan lain.

Langkah selanjutnya, letakkan plastik paling bawah. Selanjutnya daun ditata sesuai selera kemudian media yang akan disablon seperti kain dan terakhir kembali ditutup plastik. Setelah tersusun kemudian dipukul-pukul menggunakan palu sehingga cairan yang keluar dari daun menempel pada kain. “Hasilnya nanti menyerupai daun,” imbuh Adi mewakili teman-temannya.

Dari proses yang dilakukan, kata dia, proses pengeringan yang kerap menjadi kendala. Karena cairan yang menempel pada kain atau media lainnya harus betul-betul kering.

“Untuk pengeringan, kalau cuaca bagus bisa satu hari. Malah bisa lebih kalau cuaca tidak mendukung. Kalau keringnya bagus, warnanya bisa awet,” imbuh Ni Made Granisyah Prameswari.

Hasil karya siswa SD Negeri 4 Pendem hanya dipasarkan antar siswa intern sekolah karena terkendala media atau bahan yang akan disablon. Karena itu diharapkan ada peran serta dari pemerintah maupun pihak swasta untuk mengembangkan hasil kerajinan anak-anak SD terlebih memiliki nilai ekonomis. (Komang Tole)

Baca Juga :
Inagurasi Peletakkan Batu Pertama Fasilitas Daur Ulang Botol Plastik di Indonesia

Leave a Comment

Your email address will not be published.