Koster Optimis PDIP Rebut 30 Kursi DPRD Bali, Juga Kuasai DPRD Kabupaten/Kota

Avatar

Foto: Gubernur Bali I Wayan Koster bersama Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati (Cok Ace) usai memberikan keterangan pers di Rumah Jabatan Gubernur Bali, Jaya Sabha, Denpasar, Kamis siang (18/4/2019).

Denpasar (Metrobali.com)-

Di Bali pada Pileg 2019 ini PDI Perjuangan tampaknya akan semakin berjaya, menancapkan panji-panji kemenangan. Setelah sukses merebut kursi eksekutif pada Pilgub (Pemilihan Gubernur) Bali 2018 dengan terpilih I Wayan Koster yang juga Ketua DPD PDI Perjuangan Provinsi Bali, kini partai berlambang moncong putih ini juga diyakini akan merajai perolehan kursi legislatif di Bali.

Walau belum ada hasil resmi dari KPU (Komisi Pemilihan Umum) setempat, Ketua DPD PDI Perjuangan I Wayan Koster yang juga Gubernur Bali menyebutkan perolehan kursi PDI Perjuangan di semua tingkatan baik DPRD Kabupaten/Kota se-Bali, DPRD Bali dan DPR RI naik cukup signifikan.

Misalnya untuk kursi DPRD Bali dipastikan naik cukup signifikan. Dari raihan total 24 kursi pada Pileg 2014 diyakini pada Pileg 2019 ini mencapai 30 kursi di DPRD Bali di Renon dari total jatah 55 kursi yang ada dari sembilan dapil kabupaten/kota se-Bali.

“Di DPRD Bali saya optimis 30 kursi, sekarang kan 24 kursi,” kata Gubernur Koster saat memberikan keterangan pers di Rumah Jabatan Gubernur Bali, Jaya Sabha, Denpasar, Kamis siang (18/4/2019).

Begitu juga untuk perolehan kursi legislatif di DPRD Kabupaten/Kota se-Bali, PDI Perjuangan diyakini menguasai atau mendominasi parlemen.

“Di DPRD kabupaten/kota biasanya tidak jauh jauh amat. Saya perkirakan PDI P menang di semua kabupaten. Di Karangasem, Klungkung juga menang,” imbuh Koster.

Bisa Rebut Tujuh Kursi DPR RI

Untuk kursi DPR RI dapil Bali Koster juga mengklaim PDI Perjuangan sudah aman di lima kursi, dan menuju enam kursi bahkan berpotensi meraih tujuh kursi.

Baca Juga :
Karya Sari Ning Gayatri dan Cahya Satrya Tayang di Krakow, Polandia

“Hitungan saya DPR RI dari Bali lima kursi sudah aman, menuju 6 kursi (untuk PDI Perjuangan), bahkan ada potensi 7 kursi,” terang Koster.

Menurut Koster berdasarkan data yang masuk ke DPD PDI Perjuangan Bali, raihan kursi PDI Perjuangan untuk DPR RI dapil Bali sudah aman di angka lima kursi. Namum Koster yakin angka ini terua bergerak menjadi kemungkinan enam kursi. Bahkan bisa jadi tujuh kursi.

Saat ditanya siapa saja nama-nama yang berpotensi mengamankan kursi DPR RI dapil Bali dari PDI Perjuangan, Koster menyebut enam nama kader terkuatnya yang juga masuk dalam radar sejumlah hasil survei selama ini. Diantaranya ada dua nama caleg petahana seperti I Made Urip dan I Gusti Agung Rai Wirajaya.

Empat nama caleg pendatang baru yang disebut Koster yakni I Nyoman Parta, IGN Kusuma Kelakan, I Ketut Kariyasa Adnyana dan I Wayan Sudirta.

Dari sisi persentase Koster menyebutkan hasil perhitungan real time internal PDI Perjuangan, suara partai ini untuk DPR RI dari Bali mencapai  57 persen. “Saya targetkan minimal 55 persen. Tapi sementara ini hitungan real time di angka 57 persen,” terang Koster.

Seperti diketahui pada hasil Pileg 2014, dari jatah 9 kursi DPR RI dapil Bali, PDI Perjuangan juga mendominasi dengan raihan 4 kursi yakni untuk I Wayan Koster, I Made Urip, I Gusti Agung Rai Wirajaya dan I Nyoman Dhamantra. Sementara 2 kursi milik Partai Golkar, 2 kursi milik Partai Demokrat dan satu kursi direbut Partai Gerindra. (wid)

Leave a Comment

Your email address will not be published.