Harumkan Indonesia Dikancah Internasional, Badiklat Kejaksaan RI Terima Kunjungan Jaksa Kazakhstan

Badiklat Kejaksaan RI Terima Kunjungan Jaksa Kazakhstan, di Ruang Wira Badiklat, Ragunan, Jakarta, Rabu (24/7/2019)

Balinetizen.com, Jakarta

Kepala Badan Pendidikan Dan Latihan (Badiklat) Kejaksaan RI Setia Untung Arimuladi mengaku bangga mengenalkan lembaga Kejaksaan RI ke delegasi Jaksa Kazakhstan dan Consellor Deputy Chief of Mission Embassy sekaligus mengharumkan nama Indonesia di kancah Internasional, dalam sistem penegakan hukum.

“Saya menerima delegasi para Jaksa dari negara Kazakhstan, bukan membawa nama Badiklatnya saja, tapi membawa nama Indonesia ke kancah internasional,” ucapnya usai menerima delegasi di Ruang Wira Badiklat, Ragunan, Jakarta, Rabu (24/7/2019).

Selain itu kata dia pertemuan tersebut dalam rangka saling tukar informasi berkaitan dengan pelaksanaan pendidikan dan pelatihan para jaksa antar dua negara.

“Nanti, langkah selanjutnya akan menjalin kerjasama antar kedua Negara, diantaranya saling tukar menukar informasi pengetahuan dan akan ditindaklanjuti dengan pengiriman para jaksa untuk saling belajar,” ujar dia.

Meski demikian, kata mantan Kepala Kejati Riau dan Jawa Barat itu pihaknya lebih dahulu akan melaporkan ke Jaksa Agung dari hasil pertemuan tersebut.

“Tentunya, hasil pembicaraan ini akan saya laporkan dulu kepada Bapak Jaksa Agung,” ujarnya.

Dia pun menyambut baik, keinginan pihak deligasi Kazakhstan untuk mengirimkan sejumlah jaksanya mengikuti pelatihan di Indonesia. Pasalnya mereka cukup tertarik dengan kurikulum dan sistem pelatihan yang diterapkan Badiklat Kejaksaan RI tersebut.

“Ya mereka mengaku sangat tertarik dan ingin mengirimkan sejumlah jaksanya untuk mengikuti pelatihan di Indonesia. Kapan saja, ya nanti terserah mereka,” ungkapnya.

Sementara, perwakilan delegasi Jaksa Kazakhstan Mr Aslan Nurgaliyev kagum dengan fasilitas dan sistem pendidikan dan pelatihan jaksa di Indonesia, dengan sistem berbasis Informasi Teknologi.

“Kami merasa senang dan bangga, melihat langsung sistem pendidikan berbasis IT yang dimiliki oleh Kejaksaan dengan lingkungan yang sejuk dan asri. Suatu kehormatan bisa mengunjungi sahabat yang baik, Setia Untung Arimuladi Selaku Kabadiklat beserta jajaran,” ucap Mr. Aslan.

Baca Juga :
Mahfud Minta Korban Pinjol Ilegal Tak Usah Membayar Utang

Disela pertemuan itu, Setia Untung Arimuladi mengajak para delegasi negara tersebut keliling Komplek Badiklat, diantara yang dikunjungi yakni musium Kejaksaan RI, commend center, pelayanan terpadu satu pintu (PTSP), cafe dan sarana lainnya.

Tak luput sebagai kenangan, Kabandiklat meminta delegasi untuk menorehkan sebaris kata-kata yang berbunyi “Terimakasih banyak teman Indonesia saya”.

Sekedar mengingatkan Republik Kazakhstan memproklamasikan kemerdekaannya pada 16 Desember 1991. Secara geografis terletak dibagian barat daya benua Asia, dan sebagian kecil wilayahnya berada di benua Eropa. Negara itu berbatasan dengan Rusia di sebelah Utara, Cina di timur, Kyrgyzstan, Uzbekistan, dan Turkmenistan di Selatan, dan di barat dengan Laut Kaspia dan Russia. Negara pecahan Uni Soviet ini termasuk negara terbesar di Asia Tengah, dan kedua terbesar setelah Rusia.

Editor : Sutiawan

Leave a Comment

Your email address will not be published.