Ajang Temu Karya Inovasi Anak Bangsa PIMNAS ke-32 Berakhir

Rektor Universitas Udayana, Prof. Dr. dr. A.A. Raka Sudewi, Sp.S (K).

(Balinetizen.com) Denpasar –

Rektor Universitas Udayana, Prof. Dr. dr. A.A. Raka Sudewi, Sp.S (K) menutup berakhirnya ajang pekan ilmiah mahasiswa nasional (PIMNAS) ke-32, bertempat di Art Center, Denpasar-Bali, Jumat (30/8/2019).
Universitas Gajah Mada (UGM) sukses mempertahankan gelar juara umum setelah mengumpulkan medali terbanyak dari semua kategori yang dilombakan dalam Pimnas yang berlangsung setiap tahun.
Sudewi mengatakan, PIMNAS Ke-32 telah terlaksana dengan baik dan penuh persahabatan yang dihelat sejak 27 Agustus lalu dan semua peserta telah menampilkan karya-karya ilmiah yang sangat inovatif serta menghasilkan karya-karya yang begitu bagus meskipun dengan melalui proses seleksi ketat, sebab dari 51.000 peserta yang mengikuti lomba proposal, hanya 1614 yang berhasil diterima.
“Tentu saja hasil karya itu tidak cukup sampai di PIMNAS ini saja, tetapi juga harus kita tindaklanjuti,” tuturnya.
Dirjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kemenristek Dikti RI, Prof. Dr. Ismunandar mengapresiasi suksesnya penyelenggaraan PIMNAS Ke-32 di Bali. Persoalan mengenai siapa yang juara dalam ajang pekan ilmiah mahasiswa nasional bukanlah hal yang utama, melainkan yang paling utama dari juara adalah saling berbagi pengetahuan antara peserta yang berasal dari berbagai macam kampus di seluruh Indonesia.
“Ke depan kita butuh lebih banyak lagi. Bangsa ini membutuhkan SDM yang mau dan terus mendalami di bidang sains, teknologi, dan humanity,” tambahnya.
Ismunandar berharap, passion peserta di bidang sains, teknologi, dan humanity, hendaknya diteruskan karena bangsa ini sangat membutuhkan kreativitas, inovasi, dan berbagai penelitian yang dilakukan mahasiswa.
”Yang terpenting adalah terjalinnya saling komunikasi dan saling belajar diantara mereka, saling berbagi bagaimana menyampaikan hasil penelitian mereka, itu yang sangat penting. Kalau juara itu ya nomer dualah,” pungkasnya.
Berikut urutan universitas yang masuk 10 besar Pimnas 2019.
1. Universitas Gadjah Mada (UGM)
2. Institut Pertanian Bogor
3. Universitas Diponegoro
4. Institut Teknologi Bandung
5. Universitas Airlangga
6. Universitas Brawijaya
7. Universitas Negeri Yogyakarta
8. Universitas Negeri Malang
9. Universitas Indonesia
10. Politeknik Elektronika Negeri Surabaya
PIMNAS merupakan program Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Ditjen Belmawa Kemenristekdikti) di bidang penalaran dan kreativitas mahasiswa.

Baca Juga :
Urgensi Perubahan Pola Pikir untuk Wujudkan Transformasi Sistem Pendidikan Tinggi Indonesia

Pewarta : Hidayat
Editor : Whraspati Radha

 

 

 

Leave a Comment

Your email address will not be published.