Menjelang Pilkada Serentak 27 November 2024, Bali Mengalami Krisis Pasokan Pemimpin Berkualitas

I Gde Sudibya bersama mantan Gubernur Bali Dewa Made Beratha.

Balinetizen.com, Denpasar

Menjelang Pilkada Serentak 27 November 2024, Bali Mengalami Krisis Pasokan Pemimpin Berkualitas? Lima tahun ke depan Bali perlu pemimpin yang berintegritas, bukan sekadar elektoral. Suryak siu belum ada jaminan pemimpin di Bali berkualitas.

Hal itu dikatakan I Gde Sudibya, Ketua FPD (Forum Penyadaran Dharma), Selasa 30 April 2924 di Denpasar.

Dikatakan, ada beberapa Catatan Kritis – Reflektif untuk menjadi pemimpin Bali di masa yang akan datang.

Menurutnya, tantangan kepemimpinan Bali ke Depan begitu besar, di tengah fenomena pragmatisme yang begitu nyata di satu pihak, di pihak lain program penyelamatan Bali: Alam, Manusia dan Kebudayaannya adalah sebuah keharusan, kalau tidak ingin Bali “tenggelam” peradaban dan kebudayaannya di masa depan.

Lebih lanjut dikatakan, memimpin Bali ke Depan tidak bisa biasa-biasa saja,- business as usual-, harus mampu berpikir inovatif dengan misi penyelamatan,- out of the box leader-.

“Partai politik yang secara aturan, berhak mengajukan calon: Bupati, Wali Kota dan Gubernur, semestinya lapang dada membuka diri ke berbagai kandidat yang mumpuni: rekam jejak, wawasan pengetahuan, kompetensi dan idealisme, yang diharapkan mampu menjadi pemimpin pembawa trobosan, pemberi harapan -great hope leader- dengan misi penyelamatan Bali dan masa depannya,” katanya.

Menurutnya, jika partai dan atau gabungan partai, menggunakan “kaca mata kuda” dalam artian menutup diri terhadap kandidat yang berada di luar lingkungannya, bisa jadi benar sinyalemen, Bali sedang mengalami indikasi krisis pasokan kepemimpinan berkualitas.

“Bali dalam perjalanan sejarah kebudayaannya, sangat kaya dengan tradisi “nyastra”, sehingga semestinya tidak kekurangan pasokan untuk kepemimpinan Bali berkualitas ke depan dari perspektif: Sejarah, Peradaban dan Kebudayaan,” kata I Gde Sudibya, Ketua FPD (Forum Penyadaran Dharma). (Sut)

Baca Juga :
Undiksha Gandeng KONI Tabanan Gelar Workshop dan Program Pendampingan Sport Science dan Mental Training Berbasis Iptek

Leave a Comment

Your email address will not be published.