Bupati Giri Prasta Pimpin Gertak di Munggu Mengwi

????????????????????????????????????

Bupati Giri Prasta memimpin langsung Gertak Badung Bersih pada aliran sungai di Banjar Gambang Desa Munggu Kecamatan Mengwi, Jumat (1/11).

Rencanakan Sungai untuk Tubing

(Balinetizen) Mangupura-

Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta memimpin langsung Gerakan Serentak (Gertak) Badung Bersih, pada aliran sungai di Banjar Gambang Desa Munggu Kecamatan Mengwi, Jumat (1/11). Bupati Giri Prasta bersama Anggota DPRD I Wayan Edi Sanjaya, jajaran pegawai camat mengwi dan masyarakat turun langsung membersihkan aliran sungai irigasi Subak Munggu Cemagi sepanjang 2 km hingga ke Br. Pandean Munggu

Bupati Giri Prasta menyampaikan Gertak Badung Bersih merupakan kegiatan rutin Pemkab Badung bersama masyarakat setiap hari Jumat awal bulan diseluruh Desa, Kecamatan hingga banjar se-Badung. Melalui Gertak ini, Bupati berkomitmen di tahun 2021, Badung mandiri pengelolaan sampah dimana urusan sampah akan diselesaikan secara mandiri ditempatnya. “Bahkan disetiap banjar yang ada di Badung sudah terbentuk Bank Sampah Mangu Srikandi, yang nantinya akan betul-betul dilihat sampah itu adalah berkah dan sampah itu adalah rupiah,” ujar Bupati Giri Prasta seraya menegaskan bahwa ibu-ibu srikandi yang duduk dalam direktur dan pengurus bank sampah, di tahun 2020 akan digaji, disamping itu direncanakan hasil dari pengolahan sampah organik dan anorganik bisa untuk dibarter biaya listrik dan air.

Dikatakan pola pikir sekarang itu bagaimana menjadikan sungai, saluran irigasi menjadi tampak depan Kabupaten Badung sehingga sungai dan aliran sungai harus dijaga, dilestarikan dan nanti jika ada pembangunan apapun itu, sempadan sungai dan sempadan irigasi harus tetap bersih dan asri. Selanjutnya untuk irigasi yang ada di banjar setiap hulunya harus ada perangkap sampah, sehingga masyarakat cukup mengambil sampah pada perangkap sampah itu.

Baca Juga :
Wujudkan Badung Bebas Stunting, Ny. Seniasih Giri Prasta Bangun Kerjasama dan Harmonisasi Seluruh Komponen Daerah

Jika semua saluran sungai sudah bersih, Bupati merencanakan menjadikan sungai untuk tubing dengan menggunakan saluran irigasi free cast disamping bisa dijadikan untuk ekonomi kerakyatan berupa budidaya ikan air deras yang setiap tahun atau enam bulan sekali bisa panen raya bersama masyarakat setempat. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan rasa memilki di masyarakat. “Ini merupakan komitmen Pemerintah Kabupaten Badung untuk bekerja bersama secara cepat, cerdas dan tuntas mewujudkan kebersihan utamanya di saluran sungai dan irigasi masyarakat,” ujar Giri Prasta seraya menyampaikan apresiasi kepada masyarakat Munggu, mulai dari Camat, Perbekel dan Bendesa Adat yang sudah menggerakkan semua masyarakatnya untuk mendukung kegiatan ini. Dikatakan hal ini menandakan seluruh jajaran dan tokoh masyarakat sudah siap menjadi contoh, bukan memberi contoh.

Turut hadir pada kesempatan tersebut Ketua TP. PKK Kabupaten Badung Ny. Seniasih Giri Prasta, Kabag Humas Made Suardita, Camat Mengwi I Gst. Ngr. Jaya Saputra, Perbekel Munggu I Ketut Darta, Kepala UPT Disdik Mengwi I Wayan Koper, PGRI Kecamatan Mengwi serta tokoh-tokoh masyarakat Desa Munggu.

Sumber : Humas Pemkab Badung

Leave a Comment

Your email address will not be published.