Grand Final Lomba WMD ke-10, Jaya Negara  : Wirausaha Tulang Punggung Perekonomian, Usaha Design Online, Loker Bali, dan Ayam Guling Ketut Jadi Yang Terbaik

Ket foto : Wakil Walikota Denpasar, IGN Jaya Negara saat membuka Grand Final Wirausaha Muda Denpasar di Colony Creative Hub, Plaza Renon, Denpasar, Minggu (24/11).
 

Balinetizen.com, Denpasar

Gelaran Lomba Wirausaha Muda (WND) ke-10 Tahun 2019 kembali digelar. Setalah melalui tahapan yang telah dimulai sejak bulan Oktober lalu, kini tahapan lomba WMD memasuki Grand Final yang dibuka Wakil Walikota Denpasar, IGN Jaya Negara di Colony Creative Hub, Plaza Renon Denpasar, Minggu (24/11). Hadir dalam kesempatan terebut Sekda Kota Denpasar, AAN Rai Iswara, Pimpinan OPD di lingkungan Pemkot Denpasar, Dewan Juri serta seluruh peserta.

Wakil Walikota Denpasar, IGN Jaya Negara dalam kesempatan tersebut mengatakan bahwa keberadaan wirausaha sangatlah penting sebagai tulang punggung pembangunan perekonomian berkelanjutan. Dimana, dari pelaksanaan kegiatan ini diharapkan mampu menghasilkan wirausaha muda dengan start upnya yang mampu mengentaskan pengangguran.

“Wirausaha merupakan tulang punggug perekonomian berkelanjutan,” ujar Jaya Negara.

Jaya Negara menambahkan, Pemkot Denpasar secara berkelanjtan terus mendukung pengembangan wirausaha. Hal ini diwujudkan dengan membangun sistem dengan memberikan kemudahan perijinan. Selainn itu Pemkot juga telah merancang Balai Budaya Alaya yang diperuntukan sebagai wahana pengembangan start up di Kota Denpasar.

“Pemkot Denpasar terus berkomitmen untuk pengembangan wirausaha, ditambah lagi anak muda yang saat ini mempunyai ruang, sehingga mampu mendukung kemajuan perekonomian yang mandiri,” ujar Jaya Negara.

Ketua Panitia Kegiatan, Luh Made Diah Ganaki Pusparani mengatakan bahwa seluruh tahapan telah dilaksanakan sejak bulan Oktober lalu yang dimulai dari pendaftaran, seleksi administrasi, peninjauan lapangan dan grand final. Adapun pada gelaran kali ini terdapat 3 ketegori yakni Kategori SMA/SMK yang diikuti oleh 19 peserta, kategori IT sebanyak 13 peserta dan kategori umum sebanyak 39 peserta. Dari peserta ini nantinya akan dicari juara untuk masing-masing kategori dan juara favorit.

Baca Juga :
Update Penanggulangan Covid-19, Jumat, 2 Oktober 2020

“Adapun kegiatan ini bertujuan untuk menciptakan dan mendukung perkembangan WMD yang kreatif dan mandiri serta mampu menciptakan lapangan pekerjaan,” paparnya.

Sementara, Ketua WMD, dr. I Putu Wirama, S.Ked mengatakan bahwa beraga kegiatan telah dilaksanakan guna mendukung dan menguatkan WMD. Beberapa kegiatan yang dilaksanakan yakni lomba, edukasi, expo, pamaran dan reuni untuk sharing pengalaman tentang bisnis. “Tentunya dari kegiatan ini diharapkan mampu mejadi wahana penguatan dan pengembangan WMD serta dapat meningkatkan niat generasi muda untuk menjadi wirausaha muda,” ujarnya.

Adapun pemenang Lomba WMD ke-10 Tahun 2019 ini yakni Juara Favorit yakni Usaha Tote Bag Kekinian oleh Ni Putu Arika Dewi dari SMAN 8 Denpasar. Kategori SMA/SMK Juara I, Deon (Design Online) oleh Gede Gilang Wiraguna dari SMAN 7 Dennpasarr, Juara II usaha Umah Go oloeh AA Gede Krisna Murti dari SMA Darma Putra, dan Juara III usaha Bali Banten.Co oleh Komang Chitra Dewi Nirmala Sari dari SMAN 3 Denpasar.

Kategori IT Juara I usaha Loker Bali oleh Agus Maha Astra, Juara II usaha Sari PKK by Daksa Digital Teknologi, dan Virtual Relaity Sejarah Nusantara (CV. Digital Lontar Nusantara) oleh I Wayan Darya Kartika.

Kategori Umum, Juara I usaha Ayam Guling Ketut oleh Ketut Arya Putrawan, Juara II usaha Candrika oleh Pande Made Candra Purnami dan Juara III Waroeng Bagus Pork Ribs oleh Ketut Suantari. (Ags/HumasDps).

Leave a Comment

Your email address will not be published.