Jaya Negara Mendem Dasar Serangkaian Pemelaspasan Pasar Suwung Batan Kendal,  Tekankan Komitmen Pemkot Perkuat Pasar Tradisional, Tingkatkan Daya Saing

Ket foto : Wakil Walikota Denpasar, IGN Jaya Negara saat menghadiri, mendem dasar, menandatangai prasasti dan menyerahkan secara simbolis revitalisasi Pasar Suwung Batan Kendal, Selasa (24/12).

Balinetizen.com, Denpasar

Setelah tuntas dikerjakan secara fisik, bangunan Pasar Suwung Batan Kendal, Sesetan diresmikan. Kegiatan tersebut dilaksanakan serangkaian Karya Pemelaspas lan Pecaruan yang digelar Selasa (24/12). Hadir dalam kesempatan tersebut Wakil Walikota Denpasar, IGN Jaya Negara, Ketua Fraksi PDIP DPRD Kota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa, Anggota DPRD Provinsi Bali, Ni Wayan Sari Galung, Anggota DPRD Kota Denpasar, Camat Denpasar Selatan, I Wayan Buda, Lurah Sesetan serta warga banjar Suwung Batan Kendal.

Rangkaian kegiatan  diawali dengan mareresik, ngeruak, mendem dasar, ngayab caru, persembahyangan bersama dan ngider caru yang dipuput oleh Ida Pedanda Gede Putra Bajing, Griya Tegal Jingga, Sumerta. Wakil Walikota IGN Jaya Negara turut mendem dasar dan menandatangani prasasti peresmian serta menyerahkan secara simbolis revitalisasi pasar.

Wakil Walikota Denpasar, IGN Jaya Negara dalam kesempatan tersebut menjelaskan bahwa Pemkot Denpasar secara berkelanjutan terus mendukung pengembangan sektor ekonomi kerakyatan. Salah satu upaya yang dilaksanakan dengan mendukung penguatan pasar tradisional sebagai simpul penggerak ekonomi desa dan masyarakat.

Hal ini, lanjut Jaya Negara tak lepas dari program Nawacita Presiden RI, Joko Widodo yang mencanangkan pembangunan dari desa. Karenanya, dengan revitalisasi pasar tradisional dan pasar desa yang digencarkan Pemkot Denpasar ini dapat mendukung daya saing pasar tradisional.

“Tentunya kami berharap pasar rakyat di Kota Denpasar dapat bersaing dengan toko modern  sehingga mampu mendukung penguatan ekonomi kerakyatan secara berkelanjutan guna menciptakan kesejahteraan rakyat,” paparnya.

Klian Adat Banjar Suwung Batan Kendal, I Wayan Sarya didampingi Kepala Pasar Suwung Batan Kendal, Made Warta mengatakan bahwa pihaknya mengucapkan terimakasih kepada Pemkot Denpasar yang telah memberikan bantuan kepada Pasar Suwung Batan Kendal. Dimana, dalam pelaksanaan renovasi tahap II ini terdapat 14 kios, kantor pasar, ruang rapat, dan wantilan yang akan dimanfaatkan untuk los pelataran sebanyak 40 pedagang.

Baca Juga :
Panglima TNI, Kapolri, dan Kepala BNPB Lepas Bantuan PPKM Darurat

Lebih lanjut dijelaskan, Pasar Suwung Batan Kendal sendiri telah mendapatkan bantuan revitalisasi pasar di tahun 2017 atau tahap I. Dimana, revitalisasi dilaksanakan dengan mencakup kawasan pasar sebelah utara dengan anggaran keseluruhan tahap I dan II Rp. 8,7 Milyar dari APBD Kota Denpasar. Saat ini terdapat sedikitnya 400 pedagang yang keseharianya berdagang di Pasar Suwung Batan Kendal.

“Kami megucapkan terimakasih kepada Pemerintah Kota Denpasar yang telah memberikan bantuan revitalisasi pasar sehingga Pasar Suwung Batan Kendal menjadi lebih nyaman dan representatif, besar harapan hal ini kedepanya secara berkelanjutan dapat mendukung penguatan perekonomian masyarakat, khususnya Kota Denpasar,” ungkapnya. (Ags/Eka/HumasDps).

Leave a Comment

Your email address will not be published.