Ketegasan Kapolri Wujud Visi Presisi Polri

Stanislaus Riyanta

 

Balinetizen.com, Jakarta

Visi Presisi yang diusung Kepala Kepolisisan Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo dinilai positif oleh berbagai pihak. Presisi yang merupakan singkatan dari prediktif, responsibilitas, transparasi, dan berkeadilan membuat pelayanan dari kepolisian lebih terintegrasi, modern, mudah, dan cepat.

Analis intelijen dan keamanan, Stanislaus Riyanta melihat, terdapat ketegasan dari Kapolri melalui visi Presisi tersebut. Ia menilai, Kapolri yang tidak ragu untuk menindak tegas para Kapolda, Kapolres, hingga Kapolsek apabila tidak mampu menjadi teladan bagi jajarannya adalah hal yang baik.

“Itu bagus. Kapolda kan juga bisa mengatakan itu kepada kapolres-kapolresnya. Kapolres juga bisa mengatakan itu kepada kapolsek-kapolseknya kan. Jadi, leadership itu penting,” ucap Stanis saat menjadi narasumber program Boengkar Insight SultanTV yang dipandu oleh pengamat politik Karyono Wibowo, pada Jumat (19/11/2021).

Ia mengatakan, semua kepala satuan wilayah harus melakukan ketegasan serupa untuk mengontrol bawahannya agar sesuai dengan visi Presisi Kapolri. Namun, ia khawatir bahwa budaya tersebut justru tidak sampai ke jajaran di bawahnya.

Senada, Guru Besar Ilmu Politik dan Keamanan Universitas Padjadjaran (Unpad) Prof. Muradi mengatakan ketegasan Kapolri dapat dilihat dari beberapa kasus yang pernah terjadi di tubuh kepolisian.

Ia mencontohkan, pergantian Kapolda Sumatera Selatan terkait sumbangan penanggulangan COVID-19 bodong sebesar Rp2 triliun yang melibatkan anak dari Akidi Tio, Heryanty.

“Saya kira itu kan hoax yang kemudian menimpa pimpinan polisi di level provinsi. Saya kira itu juga salah satu contoh,” ujar Prof Muradi.

Ia menyebut penegasan terkait pergantian pimpinan yang dianggap tidak layak memimpin menjadi salah satu poin penting. Menurutnya, penindakan menjadi hal yang penting ketika dampak yang ditimbulkan tidak dapat memberikan efek kejut yang luar biasa. (RED-BN)

Baca Juga :
Luar Biasa!!JTrip Gaspoll!! Buka Layanan di Lombok dan Jakarta, Gercep Dukung Bangkitkan Pariwisata dengan Layanan Ini

Leave a Comment

Your email address will not be published.