Dandim 1609/Buleleng, Tamaji Kunja Ke Koramil Gerokgak, PT Cendana Indopearl Penyabangan Dan Ke PT Pelindo III Celukan Bawang

 

Balinetizen.com, Buleleng-

Dalam rangka Kunjungan Kerja (Kunja) dan perkenalan, Dandim 1609/Buleleng, Letkol Arh Tamaji, S.Sos., M.I.Pol beserta Ketua Persit Kartika Chandra Kirana Cabang XXXII Koorcab Rem 163 PD IX/Udayana didampingi Danramil 1609-08/Gerokgak, Kapten Inf Made Subur Gunung Mas, Pasi Intel Kodim 1609/Buleleng, Lettu Arh Putu Darma Setiawan, A.Md, Dan Unit Intel Kodim 1609/Buleleng, Letda Inf Made Arsa pada Senin, 7 Pebruari 2022 sekitar Pukul 08.30 Wita berkunjung ke Koramil 1609-08/Gerokgak, Desa Gerokgak, Kecamatan Gerokgak, Kabupaten Buleleng dan bertemu dengan para anggota koramil setempat serta Ketua Persit KCK Ranting 9 Gerokgak beserta anggota 3 orang,

Rangkaian kegiatan kunjungan kerja ini, diawali pada Pukul 08.30 Wita Dandim 1609/Buleleng tiba di Koramil 1609-08/Gerokgak disambut oleh Danramil 1609-08/Gerokgak, selanjutnya menuju ruang transit. Pada Pukul 08.50 Wita Dandim 1609/ Buleleng mengecek bangunan Koramil 1609-08/Gerokgak. Pukul 08.55 Wita Dandim 1609/Buleleng menuju aula Koramil 1609-08/Gerokgak. Pukul 08.56 Wita Laporan Danramil 1609-08/Gerokgak serta laporan tentang Geo Demo Komsos di wilayah Kecamatan Gerokgak yang terdiri dari 14 Desa.

Dandim 1609/Buleleng, Letkol Arh Tamaji, S.Sos., M.I.Pol mengucapkan terimakasih kepada Danramil 1609-08/ Gerokgak beserta anggota yang menyambut baik kedatangannya.

“Saya melakukan program mengunjungi Koramil- Koramil untuk memperkenalkan diri. Kedepan agar dilaporkan masalah tokoh masyarakat, tokoh Agama dan tokoh adat yang ada di wilayah Kecamatan Gerokgak. Dan silahkan para anggota memperkenalkan diri masing-masing.” ucap Dandim tegas.

Lebih lanjut Dandim Tamaji menegaskan masalah penekanan dan kebijakan akan disampaikan kemudian. Para Babinsa harus kenali pejabat yang ada di wilayah, minimal mengetahui nama Pangdam IX/Udayana, Danrem 163/WSA dan Dandim 1609/Buleleng.

“Dengan bergantinya pimpinan maka tentu akan ada kebijakan yang berbeda, dan mengenai petunjuk Pangdam IX/ Udayana yang baru maupun kebijakan Pangdam IX/Udayana yang lama tetap dilanjutkan, terutama masalah pompa Hidran, sumur bor, ketahanan pangan dan yang lainnya.” ujarnya

Baca Juga :
Wagub Cok Ace: Industri Pariwisata Bali Terus Berbenah Untuk Tumbuhkan Kepercayaan Wisatawan

Diungkapkan bahwa dalam bulan ini akan diresmikan 2 Batalyo yaitu Batalyon Armed dan Batalyon Arhanud di NTT Camplong/Kupang. Dua batalyon ini, akan diresmikan oleh KASAD.

“Rencananya juga ada 1 Batalyon Arhanud akan dibangun di wilayah Kecamatan Gerokgak, tepatnya di Desa Patas.” terang Dandim Tamaji.

Ditegaskan pula bahwa kebijakan selanjutnya masalah werving, dimana tidak ada anggota yang menyanggupi masyarakat untuk membayar, agar bisa menjadi TNI. Jika ketahuan, maka akan diproses oleh Pangdam.

“Kebijakan Pangdam yang lama tetap dilanjutkan, terutama masalah ketahanan pangan, pembibitan, peternakan dan sebagainya. Jika ada inovasi-inovasi, silahkan dikembangkan oleh para Babinsa, dan berkoordinasi dengan Perbekel maupun Kelian Desa Adat. Begitu juga tentang potensi-potensi yang ada di desa, silahkan dicari dan diidentifikasi, seperti pengusaha harus dikenali dan didekati.” tegasnya.

Selanjutnya terkait dengan adanya kasus Covid 19 varian Omicron yang semakin meningkat, Dandim Tamaji meminta agar para Babinsa di lapangan tidak usah panik, penyebaran 3x lipat dari varian Delta, namun gejalanya lebih ringan dari Delta. Apabila ada gejala atau indikasi warganya silakan dilaporkan dan diisolasi.

“Kita punya Isoter Kabupaten Buleleng di Undiksa dan di Kompi C sudah penuh. Jika ada di desa yang mempunyai tempat untuk dijadikan Isoman, silahkan dikoordinasikan dengan aparat desa untuk dipakai Isoman. Sehingga tidak jauh ke Undiksa.” jelasnya

“Masalah PPKM, agar diperketat dan dihimbau masyarakat minimal Babinsa memberi contoh jika ada keramaian atau kerumunan, agar dibubarkan dengan baik dan sopan.” ujar Dandim Tamaji menambahkan.

Selanjutnya untuk Perintah Harian KASAD, Dandim Tamaji menegaskan agar tidak hanya dihapal, namun harus di pahami dan diamalkan di lapangan.

“Dalam setiap kegiatan, faktor keamanan diutamakan. Koramil Gerokgak ini paling jauh, tetap hati-hati dalam Serpas, baik ke desa ataupun ke kantor. Tetap hati-hati, jangan sampai ada korban yang sia-sia. Jika ada kegiatan di kantor agar waktunya diatur dengan baik.” himbaunya.

Baca Juga :
Ditangkap, Tukang Pijat Residivis Kasus Penipuan Kembali Beraksi di Badung

Kunja Dandim Tamaji pada Pukul 09.58 Wita beserta anggota Koramil 1609-08/ Gerokgak melaksanakan ramah tamah. Pukul 10.45 Wita, Dandim Tamaji menuju pengusaha Mutiara PT Cendana Indopearl di Desa Penyabangan, diterima oleh Manager PT Cendana Indopearl (Ibu Nur) dan Chief Security, Kapten Purn. Sigit, selanjutnya Dandim 1609/Buleleng memperkenalkan diri.

Pukul 11.35 Wita Dandim Tamaji meninggalkan PT Cendana Indopearl menuju PT Pelindo III Celukan Bawang. Pukul 12.05 Wita Dandim Tamaji tiba di PT Pelindo III Celukan Bawang diterima oleh GM PT Pelindo III Celukan Bawang bapak Januar Eka Wijaya. Selanjutnya Dandim 1609/Buleleng dan GM Pelindo saling memperkenalkan diri. Pada Pukul 12.35 Wita Dandim Tamaji meninggalkan PT Pelindo III Celukan Bawang menuju Singaraja. Pukul 12.36 Wita rangkaian kegiatan kunjungan Dandim 1609/Buleleng di wilayah Kecamatan Gerokgak selesai berlangsung aman dan tertib.

 

Pewarta : Gus Sadarsana

Leave a Comment

Your email address will not be published.