Tim Puslitbang Mabes Lakukan Penelitian Tingkat Kepercayaan Masyarakat Terhadap Kinerja Polri Di Polresta Denpasar

 

Balinetizen.com, Denpasar-

Polresta Denpasar menerima Kegiatan Puslitbang Polri dalam rangka Penelitian Tingkat Kepercayaan Masyarakat Terhadap Kinerja Polri T.A. 2022 di gedung Pesat Gatra Selasa (17/5/22).

Tim Puslitbang dari Mabes Polri dipimpin oleh Kombes Pol Drs. Azis Saputra serta 3 anggota tim penelitian, kedatangannya disambut langsung Kabag Ren AKBP Luh Relawati Smi Utami dan Kabag SDM Kompol I Nengah Semadi, S.H., M.AP., kegiatan ini ikuti oleh perwakilan anggota Polresta Denpasar dari setiap Fungsi dan Polsek Jajaran serta dari perwakilan elemen masyarakat dari berbagai bidang seperti Kepala Desa, Guru, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Organisasi Kewanitaan, Organisasi Pemuda, Swasta, Driver Ojol, Pengacara, Ibu Rumah Tangga dengan jumlah peserta keseluruhan 60 Orang.

Penelitian ini sendiri bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis penilaian masyarakat terhadap kinerja Polri per fungsi operasional kepolisian, tingkat kepercayaan, faktor yang mempengaruhi penilaian masyarakat, perspektif masyarakat terhadap layanan pada 5 (lima) fungsi operasional kepolisian dan Menganalisis perspektif personel Polri dalam mewujudkan layanan prima fungsi operasional kepolisian.

Dalam penelitian ini sendiri menggunakan metode kuantitatif melalui penyebaran kuesioner ke masyarakat secara online yang telah disebarkan sebelum tim datang dan metode kualitatif melalui diskusi kelompok terpimpin (Focus Group Discussion/FGD) dan wawancara mendalam sedangkan pengumpulan data sekunder periode 2019 s.d. 2021 dan Dokumentasi.

Selain kuesioner juga dilakukan FGD internal Kepolisian dengan peserta perwakilan satuan fungsi operasional selain itu ada wawancara mendalam (indepth interview) dengan tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda, perwakilan kaum perempuan organisasi kewanitaan, LSM / komunitas, tenaga pendidik / guru, perangkat desa, instansi pemerintah, tersangka saksi korban atau keluarga.

Kasi Humas Polresta Denpasar Iptu I Ketut Sukadi saat dikonfirmasi membenarkan kegiatan tersebut dari Tim Puslitbang Polri Mabes Polri dan kegiatan ini sebagai tolak ukur.

Baca Juga :
Terus Bertambah, di Jembrana Kasus Anjing Positif Rabies Memperihatinkan

Leave a Comment

Your email address will not be published.