DPMD Badung dan TP. PKK Badung Lakukan Studi Tiru Ke Kota Batam

DPMD Kabupaten Badung bersama TP. PKK Kabupaten Badung saat melakukan studi tiru ke TP. PKK Kota Batam Provinsi Kepulauan Riau, Senin (26/6). 

Balinetizen.com, Mangupura-

Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Badung bersama TP. PKK Kabupaten Badung melakukan studi tiru ke TP. PKK Kota Batam Provinsi Kepulauan Riau. Rombongan yang dipimpin Kadis PMD Komang Budhi Argawa dan Ny. Seniasih Giri Prasta beserta jajaran diterima langsung Ketua II TP PKK Kota Batam Hj. Hariyanti Jefridin didampingi Ketua III Umiyati, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan Kota Batam Novi Armadiastuti beserta seluruh pengurus TP. PKK Kota Batam di Ruang Aula Engku Hamidah Kantor Walikota Batam, Batam Center, Senin (26/6). Keesokan hari dilanjutkan dengan kunjungan lapangan terkait program HATInya PKK di Tibelat Farm yang terletak di Kelurahan Tanjung Riau, Kecamatan Sekupang, Kota Batam dan diterima oleh Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Batam Mardanis dan Camat Sekupang Khamarul Azmi, serta pihak pengelola Tibelat Farm Ray Shandy Stefandy. Tibelat Farm sendiri adalah pihak swasta yang bekerjasama dengan PKK Kota Batam yang terdapat perkebunan, perikanan air tawar, serta terdapat tempat belajar untuk siswa ataupun mahasiswa yang hendak belajar tentang pertanian dan perikanan air tawar.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Badung Komang Budhi Argawa menyampaikan bahwa kunjungan kerja ini dilaksanakan dalam upaya untuk meningkatkan standar mutu dan pengembangan 10 program pokok dari TP. PKK Kabupaten Badung.

“Study tiru yang kita lakukan ini tujuannya adalah untuk sharing berkaitan dengan 10 program pokok PKK diantaranya yang menjadi atensi pusat adalah terkait penanganan Stunting dan UMKM serta pemberdayaan masyarakat. Terkait dengan program penanganan Stunting di Kota Batam telah dilakukan upaya-upaya melalui program pokok PKK yang dijalankan dengan pengawasan dan pendampingan dari OPD terkait dan untuk program penguatan UMKM yang bersumber dari APBD Kota Batam sangat bagus. Untuk meningkatkan eksistensi dan marketing UMKM, mereka menyampaikan bahwa modal adalah yang kedua, yang pertama adalah penguatan SDM berkelanjutan dan mempunyai kemampuan setelah itu baru diberikan penguatan modal,” jelasnya.

Baca Juga :
Tinjau Venue PON di Mimika, Kapolri Pastikan Pengamanan dan Prokes

Lebih lanjut Budhi Argawa menambahkan, TP. PKK Kabupaten Badung dapat menggali informasi tentang program yang bagus dan dapat diadopsi dan dikombinasikan dengan program di Pemerintah Kabupaten Badung sehingga muncul program yang terencana dan tepat sasaran.

Sementara Ketua TP. PKK Kabupaten Badung Nyonya Seniasih Giri Prasta mengungkapkan, paparan program kerja yang telah diberikan oleh Ketua II TP PKK Kota Batam tidak jauh berbeda dengan program kerja dari TP PKK Kabupaten Badung, hanya saja ada beberapa program yang dinilai positif yang nantinya dapat diduplikasi dan diterapkan di Kabupaten Badung. Seniasih mengharapkan mungkin kedepannya ada sebuah kerjasama antara Pemkot Batam dan Pemkab Badung berkaitan dengan pemberdayaan UMKM dan Pariwisata.

Ketua 2 TP PKK Kota Batam Hj. Hariyanti Jefridin sangat menyambut baik kedatangan dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Badung bersama TP. PKK Kabupaten Badung. “Saya ucapkan selamat datang dan terima kasih karena sudah memilih Kota Batam sebagai lokus kunjungan kerja dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa bersama TP PKK Kabupaten Badung. Ini merupakan bentuk silaturahmi, sharing informasi serta berbagi pengalaman dalam mengelola organisasi serta bagaimana kita mengimplementasikan 10 program pokok PKK. Apa yang baik di Kota Batam agar dapat dibawa dan semoga bermanfaat,” ucapnya.

Diakhir acara kunjungan kerja ditutup dengan tukar cinderamata serta foto bersama dan rombongan bersama-sama mengunjungi stand UMKM yang ada di Kantor Walikota Batam dan HATI nya PKK di Tibelat Farm.

Sumber : Prokompim Badung

Leave a Comment

Your email address will not be published.