Skrining TBC, 34 WBP Rutan Negara Jalani TCM di RSU Negara

 

Balinetizen.com, Jembrana

Rutan Negara Kelas IIB Negara, Kabupaten Jembrana, Bali melakukan skrining gejala dan rontgen dada. Hasilnya, 34 dari 151 WBP selanjutnya menjalani pemeriksaan Tes Cepat Molekuler (TCM) di Rumah Sakit Umum (RSU) Negara.

Kegiatan tersebut bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Jembrana dan Puskesmas 1 Negara serta dibantu tiga orang perawat Rutan Negara,

“Upaya ini sebagai langkah mencegah terjadinya penularan kasus TBC di dalam Rutan Negara,” ujar Kepala Rutan Negara Kelas IIB Negara, Lilik Subagiyono, Senin (28/8/2023).

Selain bentuk pencegahan, skrining TBC, lanjutnya, kegiatan tersebut juga merupakan tindak lanjut Surat Edaran Dirwatkeshab Ditjenpas Kemenkumham RI No. PAS.06-PK.06.07-710 tentang Skrining TBC dengan Intervensi Rontgen Dada.

Pemeriksaan diawali dengan registrasi pengecekan dan penginputan data identitas WBP. Kemudian dilanjutkan dengan skrining CXR yang dilakukan oleh tim vendor X-Ray TMC. Dan jika ditemukan gejala atau hasil rontgen menunjukan gambaran TBC, maka WBP akan diminta untuk melakukan cek sputum atau dahak.

“Dari 151 WBP yang diperiksa ada 34 WBP lanjut pemeriksaan Tes Cepat Molekuler (TCM) di Rumah Sakit Umum Negara,” pungkasnya. (Komang Tole)

Baca Juga :
Viral Pengadaan Seragam di DPRD Bali Rp 1 Miliar, Grace Anastasia: Seragam Tidak Prioritas di Masa Pandemi

Leave a Comment

Your email address will not be published.