Sekda Adi Arnawa Hadiri Melaspas di Kawasan Badung Agro Techno Park

Sekda Badung I Wayan Adi Arnawa saat menghadiri upacara melaspas dan mendem pedagingan di Kawasan Badung Agro Techno Park Desa Belok/Sidan, Kecamatan Petang, Badung, Rabu (20/12).

Balinetizen.com, Badung

Sekretaris Daerah (Sekda) Badung I Wayan Adi Arnawa menghadiri Upacara Melaspas dan Mendem Pedagingan di Kawasan Badung Agro Techno Park (BATP) Desa Belok/Sidan, Kecamatan Petang, Badung, nemonin Rahina, Buda Kliwon, Sinta bertepatan juga dengan Hari Raya Pagerwesi, Rabu (20/12).

Sebelum melaksanakan persembahyangan bersama Sekda Adi Arnawa mendem pedagingan di pelinggih  Padma yang ada di Kawasan Agro Techno Park. Turut hadir dalam kesempatan ini Staf Ahli Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan I Gst Ayu Agung Trisna Dewi, Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Badung I Wayan Wijana, Camat Petang A.A. Ngr Raka Sukaeling, turut hadir juga Mantan Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan I Wayan Suambara

Upacara Melaspas dan Mendem Pedagingan di Kawasan Badung Agro Techno Park di Puput oleh Ida Pedanda Giri Arimbawa Simpangan dari Griya Simpangan Pelaga. Untuk diketahui pembangunan BATP di lahan berstatus kontrak milik warga seluas 14 hektar dimulai sejak 2018. Bupati Badung Giri Prasta menerbitkan penetapan lokasi BATP pada 2019 dan melakukan sosialisasi terkait pembangunan BATP itu.

Sekda Badung Adi Arnawa menegaskan Badung ATP dirancang sebagai destinasi ekowisata. Kawasan tersebut dijadikan sebagai sentra penelitian-pengembangan kopi dan pelatihan perkebunan secara umum di Kabupaten Badung.  “Kawasan ini diharapkan akan menjadi  destinasi ekowisata, sekaligus laboratorium alam untuk penelitian dan pengembangan komoditi pertanian, khususnya kopi,”katanya.

Pada kawasan ini terdapat varietas unggulan yaitu kopi jenis Komasti, yang memiliki masa produksi yang lebih cepat satu tahun delapan bulan. Meski belum tuntas, Badung ATP sudah mampu menyumbangkan kas daerah dari hasil penjualan produk kopi. Untuk menunjang sarana pendukung BATP sebagai tempat wisata, Pemkab Badung juga membangun fasilitas lain seperti restoran, camping area, jogging trek, jalur bersepeda, restoran dan wahana swing, hingga meeting room.

Baca Juga :
Minim Kunjungan, Melinial Diajak Cintai Pasar Tradisional

Sumber : Humas Badung

Leave a Comment

Your email address will not be published.