232.500 Pcs Sarana Prokes Didistribusikan ke Satuan Pendidikan Se Buleleng

 

Balinetizen.com, Buleleng

Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Buleleng, Made Astika menyebutkan sebanyak 232.500 pcs sarana Protokol Kesehatan (Prokes) telah didistribusikan ke seluruh satuan pendidikan di Kabupaten Buleleng. Artinya Sarana Prokes yang merupakan bantuan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Pusat melalui BPBD Buleleng secara tuntas telah didistribusikan oleh Disdikpora Buleleng ke seluruh satuan pendidikan di Kabupaten Buleleng.

“Sarana Prokes yang diterima Kamis lalu itu, telah diatur jumlah dan jenisnya untuk kemudian langsung didistribusikan. Kami menerima bantuan sarana Prokes dalam bentuk dus. Jadi kami atur dulu jenisnya, ada masker dewasa, masker anak, handsanitizer, sabun cair dan sabun batang,” terangnya pada Senin, (6/12/2021) diruang kerjanya.

Lebih lanjut Astika menerangkan bantuan itu adalah demi menjaga kedisiplinan penerapan Prokes seluruh siswa dan tenaga pendidikan di sekolah, baik itu dari jenjang TK/PAUD, SD dan SMP. Dan khusus untuk TK/PAUD, pihaknya mengakui masih menyasar kategori negeri, mengingat jumlah masker anak terbatas hanya 5.000 pcs.

“Dalam rangka pengadaan sarana Prokes terutama masker, akan terus kami lakukan secara bersinergi ke BNPB Pusat. Kendatipun di setiap sekolah telah mampu mengadakan pembelian masker melalui dana BOS,” ungkapnya.

Iapun menjelaskan bahwa jumlah dan jenis sarana Prokes berbeda pada setiap satuan pendidikan penerima bantuan. Mengingat setiap sekolah memiliki kapasitas murid dan tenaga pengajar yang berbeda jumlahnya.

“Terkait jumlahnya, untuk jenjang TK/PAUD Negeri yang menerima bantuan sebanyak 30 sekolah, SD Negeri sebanyak 418 sekolah dan jenjang SMP Negeri sebanyak 53 sekolah.” urai Astika.

“Kita berharap bantuan sarana Prokes yang diterima dapat dimanfaatkan dengan baik dalam aktivitas proses belajar mengajar di sekolah. Sehingga penerapan Prokes secara disiplin pada pembelajaran tatap muka (PTM) berlangsung dengan aman dan tidak menimbulkan klaster baru. Artinya dengan bantuan ini, kita harapkan siswa dan tenaga pengajar disiplin menerapkan Prokes selama PTM berlangsung. Dan kedepannya nanti, akan memohon lagi bantuan sarana Prokes untuk memenuhi seluruh satuan pendidikan, baik negeri maupun swasta,” tandasnya. GS

Baca Juga :
Wastafel Megumi Peninggalan Winasa Masih Kinclong

Leave a Comment

Your email address will not be published.